12.11.04

Disiplin

Kategori Pengembangan Diri - Oleh admin

Apa sih yang membedakan satu orang dari orang lainnya ? Maksud saya, apa sih yang membuat seseorang bisa mencapai begitu banyak dalam hidupnya sementara yang lain tidak ? Saya percaya bahwa jawabannya adalah disiplin. Orang yang memiliki disiplin dalam hidupnya akan mencapai jauh lebih banyak dibandingkan orang yang tidak disiplin. Beberapa waktu yang lalu saya terpikirkan peribahasa ini:

Given the same facilities, what makes the difference
between one people to another is discipline.

Maksudnya, bila dua orang diberikan fasilitas yang sama (misalnya sama-sama diberikan fasilitas Internet 24 jam), maka yang akan membuat perbedaan sehingga satu orang mendapatkan kemajuan begitu pesat sementara yang lain tidak adalah disiplin dari orang itu. Yang satu secara disiplin berusaha mengembangkan dirinya hari demi hari menggunakan fasilitas yang tersedia sementara yang lainnya tidak. Memang dalam jangka pendek seolah-olah tidak ada perbedaan antara keduanya. Tapi dalam jangka panjang, akan terlihat perbedaan yang sangat mencolok.

Hal ini berlaku tidak hanya dalam hal mengembangkan diri saja, tapi juga dalam hal-hal lainnya seperti keuangan. Orang yang disiplin dalam hal keuangan dalam jangka panjang akan menikmati perbedaan yang sangat mencolok dibandingkan dengan orang yang tidak disiplin.

18 Komentar »

  1. Mahasiswa STTS said,

    March 24, 2008 at 2:53 pm

    Alah2 Donal ini Dosen yang gak begitu bisa ngajar di STTS. Cara ngajarnya boooring banget

  2. Donald said,

    March 24, 2008 at 6:25 pm

    Terima kasih buat masukannya. Saya nggak bisa janji, tapi mudah-mudahan lain kali bisa lebih baik.

  3. Bagas prayogo said,

    June 14, 2008 at 2:28 pm

    Gmana sich? cara biar disiplin sama pelajaran. Aku suka ngantuk kalau lgi belajar dikelas.

  4. Agus Kuncoro said,

    July 13, 2008 at 8:51 am

    cara melatih disiplin bagaimana pak?

  5. ans said,

    July 18, 2008 at 9:46 am

    disiplin ya….???? hemmm……musti dimulai dari diri sendiri…..sampai pada satu titik kedisiplinan itu pada titik menjadi satu kebiasaan yang nantinya akan menjadi satu karakter dalam diri kita. Sholat tuh…salah satu jalan untuk melatih kedisplinan diri. Dan bisa dijadikan tolak ukur untuk diri kita sendiri.

  6. Imam said,

    July 22, 2008 at 10:08 pm

    Menjadi disiplin tidak gampang butuh pengorbanan hik hik

  7. aidil said,

    July 31, 2008 at 8:25 pm

    wah tanx Pak untuk tulisannya, masalah yg dibahas langsung kena.. yaitu penggunaan fasilitas internet 24 jam dimana saya kurang maksimal dalam memanfaatkannya, retorika nya, berapa jam yg sy pake untuk belajar dan brp jam yg sy pke utk surfing ga jelas, ya toh

  8. Menjadi Pribadi Berdisiplin « Customs6th said,

    August 1, 2008 at 1:31 pm

    [...] http://www.gayahidupdigital.com/2004/11/12/disiplin/#comment-11371 [...]

  9. Achmad Saeful said,

    August 11, 2008 at 4:08 pm

    disiplin merupakan sarana terbaik untuk meningkatkan kualitas kepribadian..salah satu jalan mencapai kesuksesan adalah dengan disiplin diri..karenanya, berdisiplinlah..berdisiplinlah..berdisiplinlah.

  10. nyong said,

    October 12, 2008 at 7:01 pm

    disiplin itu harus dilandaskan kepecayaan agar tidak mempengaruhi jadwal yagn telah dibuat…
    bannyak orang berkata hidup itu kebebasan,… ha?
    tapi menurut gue hidup itu adalh suatu aturan yang harus dijaalnkan dengan baik…hahaha,?

  11. refnedi said,

    October 26, 2008 at 4:35 pm

    disiplin selain dapat menggunakan waktu sebaik-baiknya juga dapat membuat perencanaan dan mempunyai pencapaian tujuan……

  12. memey said,

    November 15, 2008 at 4:41 pm

    gemana caranya wat disiplain waktu…belajar?kayanya sulit bagi waktu tidur ,jalan,n belajar ?trims ………..god bless

  13. mey said,

    November 16, 2008 at 10:35 am

    MEMEY,SMU KRISTEN PALANGKARAYA

    disiplin tu penting … sekolah kami smu kristen palangkara ..dah terapin disiplin waktu yaitu ontime ke school…

  14. faza said,

    December 10, 2008 at 4:24 pm

    yes i agree with u…..

  15. afifah said,

    February 12, 2009 at 3:07 pm

    menurut aq disiplin itu sikap yang mendongkrak kita ke dalam kesuksesan yang cepat

  16. bunyamin said,

    February 25, 2009 at 9:03 am

    pentingnya disiplin seperti makan dan minum , sesuatu yang terus melekat dan setiap saat diperlukan …….. ayooooo banyak yang akan kita raih jika kita disiplin…..

  17. rina said,

    March 12, 2009 at 2:26 pm

    Bagi saya, lebih sulit berdisiplin disaat punya usaha/bisnis sendiri, disini kedisplinan sangat diuji. Saat bekerja di suatu perusahaan dulu, saya mau ga mau harus mengikuti aturan yang telah ditetapkan, misal masuk/pulang jam kantor, jam makan siang, pakaian, laporan2 dll, di kantor, kadang Disiplin karena Terpaksa, kalo tidak Displin bisa2 dapat Punishment dari Perusahaan.
    Tapi saat ini, dimana saya memiliki usaha/bisnis sendiri, aturan2 dibuat sendiri untuk dijalankan sendiri, maka jika tidak berdisiplin, akan berantakan semua. Mulai dari disiplin waktu, finansial, sampe dengan kehidupan sosial, disini Disiplin karena Harus, mau tidak mau harus Disiplin, namun yang jadi masalah, bagaimana berdisiplin secara konsisten, Disiplin terus menerus, yg terjadi sekarang adalah..Disiplin…Molor…Disiplin lagi..Molor lagi…
    Tapi saya akan terus berjuang untuk terus Disiplin….HIDUP DISPLIN !!!

  18. Aris said,

    April 21, 2010 at 1:59 am

    Iseng2 baca tentang artikel kedisiplinan n kebetulan baca komentar temen2…..yap sy setuju banget kalo kita hrs mulai skrg jg utk disiplin….karna setelah sy merenung,introspeksi diri dan liat lg kebelakang dgn apa yg udh dijalanin dlm hidup…..sy yakin banget sy JAUH lbh baik dari skrg (tentu dgn seizin Nya,tp kita wajib usahakan), gak ada kata terlambat utk disiplin ,mdh2an hari esok lbh baik dari hari ini.yg penting jauhin hal2 yang akan mengganggu FOKUS ok…….

Tulis Komentar