20.12.04

Dunia Persilatan

Kategori Pengembangan Diri - Oleh admin

Kalau dipikir-pikir, perjalanan seseorang belajar komputer itu mirip seperti dunia persilatan. Ibaratnya, saat kita kuliah Informatika itu sama seperti seseorang yang sedang belajar kungfu di kuil Dairin (kuil di komik Kungfu Boy :) ). Tapi itu belum apa-apa. Lulus kuliah Informatika itu seperti seseorang yang baru menyelesaikan tahap awal belajar kungfu di kuil Dairin. Setelah itu, ia harus berkelana menimbah ilmu dari banyak guru. Kalau dulu di kuil ia mungkin murid yang paling berbakat, sekarang ia akan sadar bahwa di luar sana ternyata banyak pendekar yang jauh lebih hebat. Nah, ia harus merendahkan dirinya untuk belajar dari banyak orang.

Di dunia komputer, menurut saya, salah satu tempat yang terbaik untuk belajar dari para pendekar adalah di milis. Di milis A kita akan belajar dari pendekar-pendekar yang paling jago ilmu A, dan di milis B kita akan belajar dari pendekar-pendekar yang paling jago ilmu B. Ini seperti di dunia persilatan di mana ada pendekar-pendekar tertentu yang paling jago ilmu pedang, dan ada pendekar-pendekar lainnya yang paling jago ilmu tombak. Kita bisa belajar dari keduanya.

Nah, di milis itu kita bisa belajar, berlatih, dan mengadu ilmu dengan pendekar-pendekar lainnya. Memang awalnya kita bukan apa-apa, namun kalau kita terus tekun belajar dan berlatih, niscaya ilmu kita akan meningkat sehingga kita bisa menjadi salah satu pendekar utama di bidang itu.

Cara lainnya untuk belajar dari para guru adalah dengan membaca tulisan-tulisan mereka. Tulisan-tulisan ini bisa berupa buku, artikel, atau – yang sekarang sedang naik daun – berupa blog. Dari tulisan-tulisan ini kita bisa belajar bagaimana cara mereka berpikir dan berkarya. Bahkan kita juga bisa belajar mengenai hal-hal lainnya seperti bagaimana caranya mereka sendiri belajar dan berlatih.

Singkatnya, belajar komputer adalah suatu perjalanan yang panjang seperti seseorang yang sedang terjun di dunia persilatan. Namun, kalau kita tekun belajar dan berlatih serta selalu mau merendahkan diri untuk belajar dari orang lain, pada akhirnya kita pasti akan menjadi seorang pendekar yang kenamaan !

1 Komentar »

  1. Maurice avrahm said,

    January 8, 2009 at 3:23 pm

    Ini kisah kungfu apa komputer sih?

Tulis Komentar