Yahoo! 360

Beberapa hari ini saya mulai menggunakan Yahoo! 360. 360 adalah layanan terbaru dari Yahoo! yang menggabungkan konsep blog dengan social networking, ya kira-kira seperti blog + Friendster (meskipun baru-baru ini Friendster juga telah mempunyai fasilitas blog). 360 inilah yang merupakan jawaban Yahoo! terhadap fenomena blog dan social networking. Rupanya Yahoo! ingin menjawab kedua fenomena tersebut dalam sekali gebrakan !

Lebih menarik lagi adalah karena 360 juga digabungkan dengan fitur-fitur Yahoo! lainnya seperti Yahoo! Messenger (untuk instant messaging) dan Yahoo! Photos (untuk berbagi foto). Jadi kita bisa berbagi foto dan mengirimkan instant message langsung dari dalam 360. Selain itu kita juga bisa mengatur siapa saja yang boleh melihat blog atau foto-foto kita. Kalau ada perkembangan baru dari teman-teman kita, kita pun akan dikabari. Suatu konsep yang menarik !

Namun demikian, ada satu kekurangan yang saya jumpai dalam 360, yaitu tidak adanya kemampuan untuk mengganti tampilan, baik dalam bentuk mengganti theme atau pun mengedit template. Padahal kemampuan ini dimiliki oleh layanan blog lainnya seperti Blogger dan MSN Spaces. Di pihak lain, blog 360 memiliki kemampuan untuk menambahkan emoticon dan blast (menampilkan komentar dalam bentuk balon seperti di komik) yang tidak dimiliki baik oleh Blogger maupun MSN Spaces.

Kesimpulannya, blog 360 lebih cocok digunakan sebagai blog pribadi untuk berbagi dengan teman-teman, namun kurang cocok digunakan sebagai blog profesional yang membahas bidang tertentu.

Kalau dilihat secara keseluruhan, menurut saya, Yahoo! 360 membawa konsep baru yang segar dalam dunia web saat ini. Yahoo! 360 memungkinkan kita memiliki hubungan yang lebih kaya dan interaktif !