19.04.05

Seni Inovasi

Kategori Pengembangan Diri - Oleh admin

Tidak salah lagi, dalam gaya hidup digital inovasi merupakan suatu keharusan. Bisa dikatakan, hanya mereka yang terus berinovasi sajalah yang bisa survive menghadapi kerasnya persaingan saat ini. Perusahaan-perusahaan yang unggul adalah perusahaan-perusahaan yang tak pernah berhenti berinovasi. Lihat saja Microsoft, Google, atau Pixar ; inovasi merupakan gaya hidup mereka !

Lalu bagaimana caranya berinovasi ? Seperti apakah seni inovasi itu ? Untunglah ada buku yang khusus membahas masalah ini, yaitu The Art of Innovation. Di situ diceritakan bagaimana IDEO, sebuah perusahaan desain produk terkemuka, berusaha terus menemukan ide-ide baru dan berinovasi.

Ada banyak sisi yang dibahas, namun satu hal yang paling mengesankan adalah bagaimana cara mereka menemukan ide-ide baru. Ternyata caranya sederhana, yaitu dengan mengamati ! Mereka mengamati dengan seksama bagaimana cara orang melakukan sesuatu, lalu dari situ mereka menemukan kekurangan-kekurangan yang bisa ditingkatkan. Dari sinilah muncul ide produk baru.

Kita bisa mulai dengan mengamati lingkungan sekitar kita. Umumnya kita sudah begitu terbiasa dengan lingkungan sekitar kita sehingga kita menganggap bahwa … ya, lingkungan kita memang seharusnya begitu, tidak ada apa-apa lagi yang bisa ditingkatkan. Tapi sekarang coba amati dengan seksama, disertai pikiran yang terbuka dan imajinasi yang kreatif. Maka… wow, akan banyak sekali kekurangan yang bermunculan ! Dari sinilah bersumbernya inovasi.

Tulis Komentar