Manajemen Keuangan Pribadi

Aneh tapi nyata, banyak orang yang tampaknya sukses di luar namun di baliknya ternyata mengalami kesulitan keuangan ! Sangat ironis bukan, kalau kita tampak hidup produktif dengan gaya hidup digital namun di balik itu ternyata keuangan kita amburadul ?

Ya, seharusnya gaya hidup digital itu meliputi juga masalah keuangan pribadi kita. Dalam hal keuangan pribadi pun kita perlu mencapai produktivitas maksimum. Namun, bagaimana caranya ?

Untunglah, ada banyak software yang dapat membantu kita melakukan manajemen keuangan pribadi. Ada software yang bersifat komersial seperti Quicken dan Microsoft Money, dan ada pula software yang bersifat open source seperti GnuCash. Software-software tersebut dapat membantu kita membuat anggaran, menganalisa pengeluaran, mengelola investasi, membuat perencanaan, dan masih banyak lagi. Kita bisa mengetahui kondisi keuangan kita secara tepat setiap saat dan menyusun langkah-langkah yang diperlukan untuk mencapai tujuan. Singkatnya, produktivitas keuangan kita akan banyak meningkat !

Sayangnya, kendala terbesar bukan terletak pada software pendukungnya, melainkan pada diri kita sendiri. Mengapa ? Karena untuk menjalankan semua itu dibutuhkan disiplin, dan inilah yang sulit ! Banyak orang tidak melakukan manajemen keuangan pribadi bukan karena kesulitan teknologi, melainkan kesulitan disiplin !

Di sini kembali attitude menunjukkan peranan pentingnya dalam gaya hidup digital. Untuk mencapai produktivitas maksimum dengan gaya hidup digital, dibutuhkan bukan hanya teknologi informasi, melainkan juga attitude yang benar.

One thought on “Manajemen Keuangan Pribadi”

  1. setuju tuch….semuanya kembali ke attitude kita yang harus disiplin. Gaya hidup mungkin aja bisa mendatangkan malapetaka bagi kita yang tidak mengelola keuangan dengan baik. ^^ God Bless

Comments are closed.