18.06.05

Bookmark Folder

Kategori Tips Produktivitas - Oleh admin

Belakangan ini telah muncul browser-browser yang mendukung penggunaan tab. Artinya, dalam satu window browser kita bisa membuka banyak situs sekaligus dalam bentuk tab. Kalau dulu kita mau membuka lima situs misalnya, maka kita harus membukanya dalam lima window yang berbeda. Nah, sekarang dengan menggunakan tab, kelima situs tersebut bisa dibuka hanya dalam satu window yang terdiri dari lima tab. Ini memberikan kenyamanan tersendiri bagi para pengguna Internet. Browsing dengan menggunakan tab-tab ini dikenal dengan istilah tabbed browsing.

Browser yang mendukung tabbed browsing saat ini ada beberapa, di antaranya adalah Firefox, Opera, dan Safari. Ironisnya, browser yang paling banyak digunakan – yaitu Internet Explorer – justru belum mendukung fitur ini. Baru pada versi berikutnya (versi 7) IE akan memiliki fitur ini.

Tabbed browsing menjanjikan banyak keuntungan. Salah satunya adalah penggunaan bookmark folder. Di Firefox misalnya, situs-situs yang sering dikunjungi bisa dimasukkan dalam satu folder di menu Bookmark. Sebenarnya ini juga bisa dilakukan di IE, tapi yang menarik (dan hal ini tidak bisa dilakukan di IE) adalah: kalau lain kali kita membutuhkan situs-situs dalam folder tersebut, maka semua situs tersebut akan dapat langsung dibuka secara sekaligus ! Di Firefox hal ini bisa dilakukan dengan memilih menu Bookmark, lalu klik kanan pada bookmark folder yang dimaksud, dan pilih menu Open in Tabs. Hasilnya … simsalabim … semua situs dalam folder tersebut akan langsung dibuka dalam tab-tab !

Cara ini sangat efisien dipakai untuk mengawali hari. Saya misalnya, memiliki bookmark folder bernama Startup yang berisi situs-situs “wajib” yang hendak saya kunjungi di awal hari. Setiap hari, saya tinggal menjalankan browser dan membuka bookmark folder tersebut. Otomatis, semua situs yang hendak dikunjungi akan terbuka dan saya bisa langsung beraktivitas. Dengan cara ini, saya tidak perlu lagi repot-repot membuka semua situs tersebut satu per satu. Selain itu, juga tidak mungkin ada situs yang terlewat karena kelupaan.

Tulis Komentar