03.07.05

Mencari Arti Proses Windows

Kategori Pencarian Informasi - Oleh admin

Apakah Anda pernah menekan tombol Ctrl-Alt-Del di Windows XP ? Jika pernah, Anda tentu tahu bahwa tombol tersebut akan memunculkan Windows Task Manager. Di dalam Windows Task Manager itu terdapat beberapa tab, yaitu Applications, Processes, Performance, Networking, dan Users.

Yang paling sering kita lihat tentunya tab pertama, yaitu tab Applications. Di sini terdaftar aplikasi-aplikasi Windows yang sedang kita jalankan. Tab ini termasuk mudah dimengerti karena yang terdaftar di dalamnya adalah nama-nama aplikasi yang sudah biasa kita dengar seperti Microsoft Word, Adobe Photoshop, dan lain sebagainya.

Selanjutnya pada tab kedua, yaitu tab Processes, tertulis nama-nama proses yang sedang berjalan. Setiap program di Windows sebenarnya terdiri dari proses-proses, di mana setiap program bisa memiliki lebih dari satu proses. Karenanya, tidak heran kalau jumlah entri yang terdapat di sini jauh lebih banyak daripada yang terdapat pada tab Applications. Masalahnya, berbeda dengan tab Applications, di sini muncul banyak istilah asing yang sulit dimengerti. Contohnya svchost.exe, apa sih sebenarnya svchost.exe itu ? Belum lagi istilah-istilah lainnya seperti spoolsv.exe, mdm.exe, khooker.exe, dan masih banyak lagi.

Untunglah, ada satu situs yang dapat menjawab pertanyaan kita ini, yaitu ProcessLibrary. ProcessLibrary adalah situs yang khusus menyediakan informasi mengenai proses-proses yang berjalan di Windows. Dengan situs ini, kita bisa mendapatkan informasi lengkap mengenai apakah sebenarnya svchost.exe itu, demikian juga halnya dengan proses-proses lainnya seperti spoolsv.exe, mdm.exe, dan khooker.exe. Caranya, di halaman utama ProcessLibrary masukkan nama proses yang ingin dicari lalu tekan tombol Search Now! atau enter untuk mulai melakukan pencarian. Selanjutnya ProcessLibrary akan menampilkan informasi lengkap mengenai proses tersebut.

Jadi, dengan situs ini, Anda tidak perlu bingung lagi dengan istilah-istilah aneh itu !

5 Komentar »

  1. riris said,

    October 11, 2008 at 12:19 pm

    gmn crnya set prioritas di task manager?

  2. riris said,

    October 11, 2008 at 12:20 pm

    oh, udah tahu ding…

  3. riris said,

    October 11, 2008 at 12:21 pm

    thx infony ya…

  4. banoe said,

    December 22, 2008 at 7:38 am

    thx infonya ya….it’s help me a lot

  5. arief said,

    February 6, 2010 at 8:22 pm

    thx informasi nya, ngebantu banget…

Tulis Komentar