30.09.05

Tool Menarik

Kategori Tips Produktivitas - Oleh admin

Kemarin merupakan hari yang istimewa bagi saya. Dalam satu hari ada banyak hal baru yang saya pelajari. Semua ini berawal dari sebuah post di Geeky Info yang berjudul The Blogging Toolkit. Di dalamnya para blogger saling bercerita tentang tool-tool apa saja yang biasa mereka gunakan untuk melakukan blogging. Tool yang dimaksud di sini bukan hanya tool untuk menulis blog, tapi juga tool-tool yang digunakan untuk memperoleh ide tulisan.

Di luar dugaan, ternyata banyak tool menarik yang dibahas di situ ! Tool-tool tersebut bukan hanya berguna untuk blogging, tapi juga berguna untuk meningkatkan produktivitas kita sehari-hari. Dan banyak di antaranya yang belum pernah saya dengar sebelumnya ! Wah … wah … ternyata saya sudah ketinggalan jaman ! :) Ya, akhirnya dari kemarin sampai hari ini saya banyak menghabiskan waktu untuk mencoba tool-tool itu.

Tool-tool menarik yang dibahas di situ bisa dikelompokkan dalam tiga kategori:

  1. Mind mapping
    Ini adalah tool untuk membuat peta pikiran (mind map). Peta pikiran merupakan cara yang efektif untuk menulis dan mengembangkan ide. Sudah sejak dulu saya mencari tool untuk membuat peta pikiran, ternyata kemarin saya menemukannya ! Ada dua tool yang saya temukan, yaitu MindManager (komersial) dan FreeMind (non-komersial). Saya yakin dengan tool-tool ini pengembangan ide akan jauh lebih efektif.
  2. Web research
    Ini adalah tool untuk mengelola informasi yang kita peroleh di Internet. Misalnya, kita bisa menyimpan link-link menarik, memberi komentar pada halaman web, dan menyimpan potongan informasi yang ditemukan. Semuanya ditujukan untuk memaksimumkan perolehan informasi kita dari Internet. Saya juga sudah mencari tool seperti ini sejak lama, dan bahkan sempat terpikir untuk membuat sendiri ! Ada dua tool yang saya temukan, yaitu Onfolio (komersial) dan NetSnippets Free Edition (non-komersial).
  3. Offline blogging
    Last but not least adalah tool untuk blogging itu sendiri. Ini adalah tool untuk menulis blog secara offline. Dengan tool ini kita bisa menulis blog tanpa perlu terkoneksi ke Internet, dan nantinya tool ini akan menerbitkan post kita secara otomatis saat sudah terkoneksi ke Internet. Penulisan blog menjadi lebih mudah dengan tool ini. Ada dua tool yang saya temukan, yaitu BlogJet (komersial) dan w.bloggar (non-komersial).

Saya yakin, kalau ketiga jenis tool ini digunakan secara maksimal maka produktivitas kita akan banyak meningkat !

Catatan:
Post ini merupakan post pertama saya yang ditulis dengan w.bloggar :)

Tulis Komentar