13.11.05

Pentingnya Microsoft Office

Kategori Tips Produktivitas - Oleh admin

Saya baru menyadari belakangan ini kalau Microsoft Office ternyata disebut dengan istilah desktop productivity tools oleh Microsoft. Bagi saya ini punya implikasi penting. Ini berarti bahwa kalau kita ingin mencapai produktivitas maksimum (yang merupakan misi dari blog ini) maka sangatlah penting untuk menguasai Microsoft Office ! Mengapa ? Sebab ternyata Office inilah alat yang diposisikan Microsoft sebagai sarana untuk peningkatan produktivitas. Namanya saja sudah desktop productivity tools !

Nah, setelah menyadari hal ini saya jadi tertarik untuk mendalami Microsoft Office. Bukan sekedar menggunakannya biasa-biasa (karena kalau itu sih sudah sering), tapi berusaha menggunakannya secara maksimum agar bisa mencapai produktivitas yang maksimum. Saya yakin masih banyak “rahasia” Office yang belum saya ketahui, dan kalau saya bisa menguasai “rahasia-rahasia” itu maka produktivitas saya pasti akan banyak meningkat !

Dari mana saya bisa yakin bahwa masih banyak “rahasia” Office yang belum saya ketahui ? Dari pernyataan Chris Capossela (salah seorang vice president Microsoft) pada ajang Professional Developer Conference bulan September lalu.Waktu itu dia memperkenalkan Office 12 yang merupakan generasi Office berikutnya (baru akan dirilis akhir tahun depan). Dia menjelaskan bahwa banyak permintaan pengguna untuk fitur-fitur baru Office ternyata sebenarnya sudah ada di dalam Office itu sendiri ! Masalahnya hanyalah mereka tidak mampu menemukannya. Itulah sebabnya dalam Office 12 salah satu sasaran utama Microsoft adalah membuat fitur-fitur Office yang dulunya “tersembunyi” menjadi lebih mudah ditemukan dengan jalan mengubah antarmuka program.

Pernyataan Chris Capossela ini membuat saya yakin bahwa hal yang sama juga terjadi pada diri saya. Pasti masih banyak fitur Office yang belum saya ketahui. Ini berarti, kemampuan Office sebenarnya tentu jauh lebih hebat dari yang saya duga selama ini ! Itulah sebabnya saya tertarik untuk mendalami Office. Bukankah tujuan saya adalah mencapai produktivitas maksimum ?

Catatan:
Jangan dikira saya begitu Microsoft-minded. Saya juga sangat tertarik dengan desktop productivity tools lain seperti OpenOffice.org. Saya bahkan sudah menginstall OpenOffice.org 2.0 yang baru keluar ! Menurut saya, kita harus terbuka pada semua alternatif dan jangan hanya terpaku pada satu vendor. Namun demikian, Microsoft Office masih memegang pangsa pasar terbesar saat ini. Karena itu saya sendiri lebih memprioritaskan untuk belajar Microsoft Office. :)

Tulis Komentar