Daftar Bacaan

Dalam post Dampak Terbesar disebutkan bahwa kriteria saya dalam memilih buku yang hendak dibaca adalah dampaknya. Meskipun ada begitu banyak buku menarik, namun saya hanya akan memilih buku yang memberikan dampak terbesar untuk dibaca.

Nah, kali ini saya ingin membocorkan rahasia kepada rekan-rekan, yaitu buku-buku mana saja yang masuk dalam daftar bacaan saya. Dengan kata lain, inilah buku-buku yang saya anggap memberikan dampak terbesar ! Di antara begitu banyak buku yang belum saya baca, saya menganggap buku-buku ini akan memberikan pengaruh paling besar bagi perkembangan pribadi saya.

Ada empat buku yang masuk dalam daftar bacaan saya saat ini, dan keempat buku itu adalah:

  1. Getting Things Done
    Buku karangan David Allen ini berisi metode manajemen waktu yang sangat populer saat ini yaitu Getting Things Done (lihat post Getting Things Done). Banyak orang yang merasa produktivitasnya sangat meningkat setelah menerapkan Getting Things Done (GTD), dan banyak situs web yang membahas tentang GTD. Mengingat begitu populernya GTD dan mengingat saya sendiri sangat tertarik dengan produktivitas maksimum (misi situs ini), maka saya langsung memprioritaskan untuk membaca buku ini.
  2. Guns, Germs and Steel
    Buku karangan Jared Diamond ini menceritakan tentang sejarah peradaban manusia dalam 13.000 tahun terakhir. Mengapa peradaban yang satu lebih maju daripada peradaban yang lain ? Buku ini berusaha mencari jawaban sampai ke akarnya. Buku ini merupakan:

    • pemenang hadiah Pulitzer
    • buku wajib untuk mahasiswa baru MIT tahun 2005, dan
    • satu-satunya buku yang Bill Gates mau menuliskan kata-kata pujiannya secara terbuka.

    Saya yakin ada banyak pelajaran yang bisa saya peroleh dari buku ini. Bukan hanya pelajaran seumur hidup, tapi pelajaran sepanjang sejarah umat manusia. Saya pernah menulis tentang ini di post Belajar dari Sejarah.

  3. The World is Flat
    Buku karangan Thomas Friedman ini membahas tentang bagaimana keadaan globalisasi dunia pada abad 21. Buku ini penting untuk memahami trend yang sedang dan akan terjadi dalam abad 21 ini sehingga kita bisa siap dan tampil sebagai pemenang dalam globalisasi abad 21. Buku ini juga sedang menjadi best seller di New York Times. Saya pernah menulis tentang ini di post Globalisasi 3.0.
  4. How to Win Friends and Influence People
    Buku karangan Dale Carnegie ini adalah buku klasik yang diterbitkan pertama kali pada tahun 1936. Sampai saat ini buku ini telah berkali-kali dicetak ulang dan berisi resep yang terbukti manjur (sudah teruji oleh waktu) tentang bagaimana cara membangun hubungan yang efektif dengan orang lain. Saya rasa ini adalah faktor yang sangat penting untuk keberhasilan dan karenanya saya tertarik untuk membaca buku ini.

Memang, dengan waktu yang terbatas saya tidak tahu kapan saya bisa menyelesaikan keempat buku ini. Tapi inilah keempat buku yang masuk dalam prioritas bacaan saya saat ini. Kalau penasaran, Anda bisa juga melihat daftar bacaan saya di masa lalu di post Must Read Books.