24.02.06

ScrapBook – Extension Favorit (1)

Kategori Tips Produktivitas - Oleh admin

Di antara berbagai extension Firefox yang pernah saya coba, extension yang paling saya sukai adalah ScrapBook. Inilah extension favorit saya !

Seperti yang saya tulis di post Tool Menarik, salah satu jenis tool yang sejak lama saya cari adalah tool yang termasuk kategori web research. Tool dalam kategori ini memungkinkan kita untuk dengan mudah menyimpan hal-hal menarik yang kita temukan di Internet. Bahkan bukan hanya menyimpan, tool jenis ini juga membantu kita dalam mempelajari hal-hal yang kita temukan itu.

Saat saya menulis post Tool Menarik, tool web research yang saya gunakan adalah Net Snippets. Tool ini gratis dan bagus, hanya saja integrasinya dengan Firefox tidak terlalu baik. Koleksi temuan kita ditampilkan dalam program tersendiri yang terpisah dengan browser.

Setelah memakai Net Snippets beberapa waktu, saya menemukan ScrapBook. ScrapBook merupakan tool web research yang berbentuk extension Firefox. Karena berupa extension Firefox, tentu saja integrasinya dengan Firefox tidak usah ditanya lagi. Dan yang lebih menyenangkan, ScrapBook memiliki banyak fitur menarik yang menurut saya bahkan lebih kaya dari Net Snippets !

Berikut ini fitur-fitur dari ScrapBook:

  1. Mampu menyimpan halaman web dengan mudah
    Fitur ini sangat membantu saya yang sering menjelajahi Internet. Dulu saya biasa menyimpan halaman web yang menarik dengan perintah File | Save as … . Tapi ada satu kekurangan penting kalau menggunakan cara ini, yaitu alamat Internet asli dari halaman itu tidak ikut disimpan. Lain kali kita akan kesulitan kalau ingin masuk ke halaman aslinya di Internet. Dengan ScrapBook, alamat asli halaman otomatis ikut disimpan.
  2. Semua koleksi ditampilkan dalam Sidebar
    Semua hasil tangkapan kita ditampilkan di dalam sebuah panel yang terintegrasi langsung di dalam Firefox. Jadi kita tidak perlu berpindah program lagi untuk melihat koleksi tangkapan kita. Dan kita bisa mengelompokkan semuanya itu dalam bentuk folder-folder.

Bersambung ke ScrapBook – Extension Favorit (2)

1 Komentar »

  1. paijo said,

    November 30, 2008 at 12:58 pm

    Bro, boleh nanya ga? Cara men-download scarpbook untuk di install di komputer kita sendiri gimana ya? kalo di warnet kan gue langsung install dari webnya dan langsung muncul di menu bar firefox, ga pake download dulu. Tolong jawab ya. Trimakasih cekaleeee…

Tulis Komentar