05.03.06

Konsep Getting Things Done (1)

Kategori Pengembangan Diri - Oleh admin

Seperti yang sudah pernah saya tulis, Getting Things Done (GTD) adalah sebuah konsep manajemen waktu yang sangat populer. Banyak orang yang sudah menggunakan dan merasakan manfaat konsep ini, bahkan tidak sedikit situs web yang dikhususkan untuk membahas GTD.

Seperti apakah GTD itu ? Ide dasar dari GTD bisa dilihat dari judul lengkap buku yang ditulis David Allen ini, yaitu Getting Things Done: The Art of Stress-Free Productivity. Jadi ide dasarnya adalah bagaimana kita bisa produktif (mencapai hasil sebanyak mungkin) tanpa mengalami stres. David Allen menyebutnya dengan istilah mind like water, pikiran yang begitu tenang seperti air di kolam. Ide ini tentu saja sangat menarik, karena dengan situasi persaingan seperti sekarang ini tekanan pekerjaan seringkali membuat orang stres. Mencapai hasil sebanyak mungkin dan tidak mengalami stres kelihatannya seperti dua hal yang bertentangan !

Bagaimana agar kita bisa bebas stres dan mempunyai mind like water ? David Allen berusaha merunut kembali mengapa orang mengalami stres. Menurut dia, stres disebabkan karena pikiran kita dipenuhi dengan apa yang disebutnya stuff. Stuff ini adalah hal-hal yang harus kita tangani namun belum kita putuskan apa yang harus kita lakukan tentang hal itu. Hal-hal yang belum diputuskan inilah yang beterbangan terus-menerus dalam pikiran kita dan membuat kita stres.

Lalu bagaimana solusinya ? Sederhana saja: semua stuff itu harus dikeluarkan dari pikiran kita ! Kalau tidak ada lagi stuff dalam pikiran kita maka pikiran kita akan tenang seperti air, mind like water.

Bersambung ke Konsep Getting Things Done (2)

Tulis Komentar