23.03.06

Digg – Situs Berita Teknologi Web 2.0

Kategori Trend IT - Oleh admin

Salah satu situs Web 2.0 yang paling sukses adalah Digg. Digg adalah situs berita teknologi seperti juga News.com, Slashdot, dan lain-lain. Tapi ada satu hal yang unik di Digg: muncul tidaknya suatu berita tidak ditentukan oleh editor melainkan oleh banyaknya voting yang diterima oleh berita tersebut ! Semakin banyak voting yang diterima oleh suatu berita maka semakin tinggi ranking berita itu di Digg. Dan hanya berita-berita yang memperoleh voting terbanyaklah yang akan muncul di halaman utama Digg.

Rupanya banyak orang menyukai konsep ini. Terbukti, meskipun baru berusia satu setengah tahun, namun popularitas Digg saat ini sudah mendekati Slashdot yang jauh lebih mapan. Bahkan orang-orang menjuluki Digg sebagai Slashdot killer !

Apa yang dilakukan Digg sebenarnya adalah menonjolkan ciri kedua dari Web 2.0 yaitu Harnessing Collective Intelligence. Digg mengakumulasi pengetahuan dan pendapat banyak orang untuk menyaring begitu banyak berita yang beredar di Internet dan memunculkan hanya yang terbaik. Mekanisme yang melibatkan banyak orang ini benar-benar jitu karena:

  1. Berita yang terkumpul adalah hasil browsing gabungan dari ribuan orang. Akibatnya berita-berita di situs “kecil” yang biasanya terlewatkan pun akan tertangkap oleh Digg.
  2. Penyaringannya juga dilakukan oleh ribuan orang sehingga hasil penyaringannya benar-benar obyektif. Inilah kekuatan wisdom of crowds.

Bisa dikatakan apa yang terjadi di Digg adalah demokrasi murni. Tidak ada otoritas sentral yang membatasi dan benar-benar keinginan “orang banyak”-lah yang terjadi.

Hal ini juga sangat menguntungkan kita yang ingin mengikuti berita-berita di Internet. Digg sudah menyaringkan berita-berita yang kurang bermanfaat sehingga yang tersisa bagi kita hanyalah emas murni. Tanpa susah payah kita bisa langsung mendapatkan berita-berita yang terbaik dari seluruh Internet !

3 Komentar »

  1. daishz said,

    December 7, 2008 at 5:12 pm

    Kalo disaring lwt voting, beritanya dah keburu basi dunk.
    http://www.daishz.blogspot.com

  2. diqun said,

    December 16, 2008 at 4:50 pm

    ehmmm… bagus juga tuch konsep digg. emang klo sekarang jamannya emansipasi, jadi tidak editor melulu yang ngatur. kapan yah orang indonesia yang bisa bikin situs kayak gitu….cuapek dechhh….

  3. Olih nurjaman solih said,

    December 28, 2008 at 11:39 pm

    Review sekaligus info yg bagus mas… Makasih

Tulis Komentar