25.03.06

Kamus Terbalik

Kategori Pencarian Informasi - Oleh admin

Ada ide menarik yang disebut reverse dictionary atau “kamus terbalik”. Biasanya cara kerja kamus adalah kita memasukkan suatu kata lalu penjelasan dari kata itu akan muncul bagi kita. Tapi reverse dictionary ini terbalik. Yang kita masukkan justru penjelasannya dan yang akan dimunculkan adalah kata apa yang sesuai dengan penjelasan tadi ! Unik bukan ?

Inilah cara yang tepat digunakan kalau kita sedang lupa dengan suatu istilah. Jadi kita bisa menuliskan hal-hal yang menggambarkan istilah itu dan … bum ! Istilah yang tepat akan dimunculkan bagi kita.

Ide ini bisa dilihat di situs OneLook Reverse Dictionary. Masukkan penjelasan pada kotak yang tersedia, tekan tombol, dan selanjutnya akan dimunculkan daftar istilah yang paling sesuai dengan penjelasan tadi. Daftar istilah ini diurutkan berdasarkan relevansinya. Sebagai contoh, saya memasukkan sea transportation vehicle (kendaraan transportasi laut) sebagai penjelasan. Setelah menekan tombol, istilah-istilah yang dimunculkan sebagai hasilnya di antaranya adalah hovercraft, ship dan boat yang semuanya merupakan jenis transportasi laut.

Kamus terbalik ini memang menarik juga untuk dicoba. Namun sayang ada satu hal yang kurang, yaitu … versi bahasa Indonesia-nya belum ada :).

Tulis Komentar