14.07.06

Mengurangi Ukuran Data Scrapbook

Kategori Tips Produktivitas - Oleh admin

Scrapbook adalah extension Firefox favorit saya. Sejak menggunakan Scrapbook pada pertengahan November 2005, saya sudah tidak pernah lagi berpaling ke program web research lainnya :) . Dengan Scrapbook saya bisa menyimpan berbagai informasi menarik yang saya jumpai di Internet dengan mudah, cukup dengan klik kanan dan memilih  menu Capture Page As … . Satu kelebihan penting cara ini dibandingkan cara biasa (memakai menu File | Save As) adalah alamat asli halaman itu otomatis ikut disimpan. Ini memudahkan sekali kalau suatu saat saya ingin memakai bahan itu untuk menulis blog. Dengan mudah saya bisa membuat link ke halaman asli tanpa perlu mencari-cari lagi. Tentu masih (sangat) banyak kelebihan Scrapbook lainnya. Anda bisa melihat info lebih lengkap di post Scrapbook – Extension Favorit atau langsung ke dokumentasi Scrapbook.

Masalahnya, semua kemudahan ini membuat data yang saya simpan secara tak sadar bertambah terus. Terakhir saya cek, ukuran folder Scrapbook saya sudah melebihi 300 MB ! Itu untuk pemakaian selama sekitar delapan bulan. Entah akan jadi berapa ukurannya sekian tahun lagi. Karena itu sekarang saya mulai memikirkan cara menghemat tempat di Scrapbook, dan untuk sekarang ini ada dua cara yang terpikir:

  1. Pada jendela Capture Page As, matikan pilihan Image bila tidak diperlukan
    Dengan cara ini gambar-gambar di halaman itu tidak ikut disimpan. Kita hanya perlu mengaktifkan pilihan ini kalau gambar-gambar di halaman itu memang penting bagi kita, misalnya ada diagram atau grafik atau foto yang menarik. Dengan cara ini besarnya data yang disimpan akan jauh berkurang.
  2. Simpan hanya bagian halaman yang penting
    Dengan Scrapbook kita bisa memilih bagian mana dari halaman itu yang hendak disimpan, kita tidak perlu menyimpan semuanya. Caranya cukup dengan menyorot bagian yang hendak disimpan (seperti waktu memilih teks di Microsoft Word) lalu klik kanan dan pilih menu Capture Selection As … . Jujur saja, saya masih jarang memakai cara ini karena malas memilih-milih :) . Tapi cara ini tentu efektif untuk mengurangi besarnya data yang disimpan.

Ya, baru dua itu cara yang terpikir. Bisa jadi di masa depan akan muncul lagi trik-trik yang lain. Anda punya cara yang lebih efektif mungkin ?

Tulis Komentar