Internet Cepat Menghemat Harddisk ?

Pada post Tiba di Singapura sempat saya tuliskan kesan pertama yang saya peroleh di sini, yaitu Internet yang sangat cepat dengan harga yang sangat murah. Dan dari Indonesia pun saya sudah sempat terpikir, "Wah, ini berarti harus beli harddisk baru karena bisa download buanyak ….". Masuk akal kan ? Karena Internet-nya cepat, berarti download-nya juga cepat yang berarti saya bisa sering-sering download. Logikanya tentu ruang harddisk juga harus besar untuk menampung semua hasil download itu.

Tapi baru-baru ini saya terpikir, bisa jadi yang benar justru sebaliknya: Internet yang cepat justru bisa banyak menghemat ruang harddisk ! Lho, kok bisa ? Sebab saya jadi tidak perlu repot-repot lagi men-download sesuatu ke harddisk, saat saya membutuhkan sesuatu saya bisa mengambilnya langsung dari Internet !

Misalnya saja untuk menonton video (salah satu favorit saya adalah MIT World). Dulu saya harus men-download dulu video itu ke harddisk sebelum menontonnya. Dan tahu sendiri, yang namanya video tentu butuh tempat penyimpanan yang besar. Saat koleksi video saya bertambah maka jumlah ruang yang dibutuhkan juga semakin membengkak. Sekarang ? Saya tidak perlu lagi men-download video itu. Saya lebih suka menontonnya langsung dengan video streaming. Hasilnya saya bisa menonton semua video yang saya mau (tidak terbatas hanya pada koleksi yang sudah di-download) dan besar ruang harddisk yang dibutuhkan adalah nol !

Jadi saya pikir, Internet yang cepat justru bisa banyak menghemat ruang harddisk. Bagaimana menurut Anda ?