10.08.06

Peraturan Dua Menit

Kategori Tips Produktivitas - Oleh admin

Getting Things Done (GTD) merupakan konsep produktivitas pribadi yang sangat menarik. Karena itu sesekali saya ingin membahas prinsip-prinsip GTD beserta aplikasinya di blog ini. Dengan begitu, selain berbagi dengan rekan-rekan, saya berharap saya sendiri tidak melupakan prinsip-prinsip GTD dan bisa belajar menerapkannya dengan lebih baik lagi. Maklum, namanya manusia pasti sering lupa dan lalai :). Dan tidak menutup kemungkinan dengan membahas GTD di blog ini akan muncul ide-ide kreatif dan inovatif untuk meningkatkan produktivitas kita.

Kali ini saya ingin membahas tentang peraturan dua menit. Peraturan ini mengatakan bahwa kalau kita bisa menyelesaikan suatu hal dalam waktu dua menit maka lakukanlah sekarang juga ! Tidak perlu dimasukkan ke daftar tindakan atau ditunda, melainkan lakukanlah dengan segera.

Mengapa begitu ? Sebab kalau sesuatu bisa diselesaikan dalam waktu dua menit, maka usaha kita untuk memasukkannya ke daftar tindakan dan mengambilnya lagi lain kali akan lebih besar daripada kalau kita langsung mengerjakannya. Tentu saja dua menit di sini tidak harus berarti benar-benar dua menit. Intinya adalah sesuatu yang kalau ditunda atau dimasukkan ke daftar tindakan malah akan memakan usaha lebih besar daripada kalau langsung melakukannya.

Banyak orang yang merasa produktivitasnya meningkat setelah menerapkan peraturan ini. Mengapa ? Sebab banyak pekerjaan yang dulunya tertunda sekarang bisa langsung diselesaikan. Daftar tindakan juga menjadi lebih bersih karena hanya diisi dengan tindakan-tindakan yang memang memerlukan fokus lebih. Intinya, peraturan ini mengajarkan kita untuk tidak menunda hal-hal yang memang mudah untuk dilakukan.

Tulis Komentar