Jadilah Hacker, bukan Cracker

Hari ini ada berita yang menarik perhatian saya di koran. Seorang mahasiswa Nanyang Technological University dihukum penjara 27 bulan (berarti 2 tahun 3 bulan) gara-gara mencuri password MSN Messenger dari tiga orang dan mengirim email intimidasi ke satu orang di antaranya.

Membaca berita ini terus terang saya kaget juga … dihukum 27 bulan? Bukannya apa-apa, masalahnya saya pikir hal seperti ini biasa terjadi di Indonesia. Berapa banyak situs, forum dan bahkan buku yang membahas soal mencuri password, men-deface web, dan sejenisnya? Saya ingat waktu jadi dosen dan mengajar mahasiswa baru. Mula-mula kelasnya tenang-tenang saja, tapi begitu saya menyinggung-nyinggung soal mencuri password, menjebol komputer dan sejenisnya, kelas langsung ramai; terjadi banjir pertanyaan!

Dalam kenyataan tentu saja aksi penjebolan banyak terjadi. Saya sering membaca ataupun mendengar tentang aksi penjebolan seperti itu. Gawatnya lagi, penjebolan semacam ini memakai istilah salah kaprah yaitu hacking. Penjebolnya juga dengan bangga menyebut dirinya hacker. Ck…ck…ck…

Untuk meluruskan salah kaprah ini saran saya bacalah esai How to Become a Hacker tulisan Eric Raymond. Di situ dijelaskan mengenai hacker yang benar dan mengenai bagaimana cara menjadi hacker sejati. Aksi jebol-menjebol itu sama sekali bukan hacking melainkan hanya cracking yang “kasta”-nya jauh lebih rendah. Mau tahu pendapat para hacker tulen tentang mencuri password? Coba baca esainya Eric Raymond, di situ ada bagian tanya jawab tentang bagaimana mencuri password. Baca sendiri deh jawabannya … :)

Berita di koran ini semakin meyakinkan saya: janganlah menjadi cracker. Berbahaya dan tidak ada gunanya. Sebaliknya, jadilah hacker. Kalau bisa sih sampai ke tingkat guru hacker.

64 thoughts on “Jadilah Hacker, bukan Cracker”

  1. all sama kenal nih

    saya orang baru disini

    hehehe ….

    mohon bimbingannya ^^~

    om kalo boleh saya tau yg harus di pelajarin hacker dulu sih apa?

    trus cari” software buat ngehack dmn ?

    saya nda minta

    saya cuma mau tau aja

    supaya saya bisa belajar

    terima kasih

  2. saya pengen tau cara jd hacker biar q bisa bantu ekonomi ortu q,tlong y,mgkin cm ini jlan yg baru tuk q pilih,thanks before,only you can be help me.

  3. buta abang abang semua………kalo udah bisa jangan sendiri aja dong……..ajajri kami yang bisa….saya mohon banget,kpede para hacker yang udh membumi sgat lama…….ajari kami dong……??????ilmu kalo di bagikan makin banyak,,,,,,bagi hacker sejati,kontek aku’a…..

    cpa tau kita bisa kerja sama,,,,

  4. alow…

    aq dari dulu sudah mengenal hacker,,
    aq juga kepingin menjadi seorang hacker..
    tolong ajarin aq yach..

    mungkin aja dengan ini,saya bisa memanfaatkan keahlian ni,untuk hal2 yang positif…
    tlong ajarain yach….

  5. beberapa waktu lalu, situs wap saya di jebol hacker, hampir semua page dan file diacak dan di ancurin, dan saya tertarik untuk belajar hacker agar bisa melindungi situs saya, bisa kah anda memberi pelajaran untuk saya melalui email, mohon berkenan trims,,

  6. bos/siapa aja,ana bleh mnta tlg krimin teori n tips2 untuk jadi hacker gak ?tpi pkai bahasa indonesia tercinta ya bos,biar ane mudah memahaminya,,eh aplikasi yang diperlukan seorang hacker tu apa aja ?dan apakah bisa seorang hacker menjelajah dunia maya lewat mobile/ponsel modern seperti sekarang ini,tolong email ke ane ya !
    Ne email ana : whynot_pated73d1@ymail.com
    siapa aja tolongin ana,,

  7. boes,aq ini org yg nga’ tau apa2 soal hackers……..
    apakah anda bs menjelaskan cara guna dan pencegahanx……….???????
    please blz yach…!!!

Comments are closed.