22.09.07

Fenomena Social Media

Kategori Trend IT - Oleh admin

Era Web 2.0 sekarang ini punya ciri yang menarik yaitu kolaborasi. Tidak seperti era Web 1.0 di mana para pengguna Internet lebih banyak bersikap pasif dengan hanya membaca halaman-halaman web, Web 2.0 memungkinkan para pengguna untuk ikut berpartisipasi secara aktif.

Salah satu fenomena yang menjamur adalah social media. Dalam social media, para pengguna bisa mengirimkan artikel-artikel yang dianggap menarik untuk dilihat oleh para pengguna lain. Nantinya pengguna-pengguna ini bisa memberikan voting untuk artikel yang mereka sukai, dan halaman yang paling banyak disukai akan ditampilkan di halaman depan situs social media tersebut. Kalau sudah begitu, situs yang artikelnya masuk halaman depan tersebut akan kebanjiran pengunjung, kadangkala sampai membuat situs itu tidak berfungsi lagi!

Dari sisi pengguna, mereka juga bisa dengan mudah mendapatkan artikel-artikel paling menarik yang sudah disaring oleh ribuan pengguna. Mereka tidak perlu lagi susah-susah melalangbuana untuk mencari artikel menarik; cukup datang saja ke halaman depan situs social media!

Ada banyak situs social media, tapi yang paling populer adalah yang berikut ini:

  1. Digg
    Di antara semua situs social media, mungkin Digg inilah yang paling banyak pengunjungnya. Setidaknya itulah yang sering didengung-dengungkan para blogger. Digg seringkali memberikan banjir pengunjung lebih banyak dibandingkan situs social media lain. Meskipun begitu, komentar-komentar para pengguna Digg juga paling pedas dan “seram” dibandingkan situs lain. Sampai-sampai seorang blogger berkomentar bahwa kita perlu menggunakan “celana tahan api” kalau masuk halaman depan Digg! Artikel-artikel yang populer di Digg seringkali berhubungan dengan teknologi dan biasanya bersifat sensasional. Oya, beberapa waktu yang lalu sempat terjadi pemberontakan digital di Digg.
  2. Del.icio.us
    Del.icio.us merupakan tempat yang jauh lebih “tenang” dibandingkan Digg. Bukan dalam hal jumlah pengunjung, karena del.icio.us juga ramai, tapi dalam hal kepedasan komentar. Selain itu, kalau artikel di Digg seringkali yang bersifat “cepat basi” (misalnya berita), artikel di del.icio.us biasanya bersifat tahan lama (misalnya tips-tips penggunaan suatu perangkat lunak). 
  3. Reddit
    Reddit juga merupakan tempat yang komentarnya “panas”, hampir seperti Digg. Artikel yang populer biasanya juga bersifat sensasional dan “cepat basi”, hanya saja untuk Reddit berita yang populer lebih banyak berkaitan dengan politik (tepatnya politik Amerika).
  4. Propeller (tadinya bernama Netscape)
    Propeller ini merupakan nama baru dari Netscape (baru ganti nama beberapa hari yang lalu). Kelebihan Propeller adalah jumlah kategori-nya yang banyak. Akibatnya artikel yang muncul di sini juga lebih bervariasi dibandingkan Digg atau Reddit. Meskipun begitu, jumlah pengguna Propeller relatif lebih sedikit dibandingkan situs lainnya.
  5. StumbleUpon
    StumbleUpon merupakan situs social media yang unik karena kita tidak perlu mengunjungi situsnya. Pengguna cukup meng-install sebuah toolbar, dan dengan menekan sebuah tombol di situ maka StumbleUpon akan menampilkan sebuah halaman yang diperkirakan menarik bagi kita. Jadi sifatnya kejutan. Nantinya pengguna bisa memberikan voting apakah dia suka dengan halaman yang dimunculkan itu. Sifat kejutan inilah yang membuat StumbleUpon unik dibandingkan yang lainnya.

Fenomena social media sungguh menarik. Sayangnya, tidak ada di antaranya yang mendukung bahasa Indonesia (kecuali StumbleUpon, tapi itu pun penggunanya sangat terbatas). Dan setahu saya juga tidak ada situs social media bahasa Indonesia. Atau mungkin saya salah?

2 Komentar »

  1. Trend IT « ed07blue’s Weblog said,

    September 17, 2008 at 8:41 pm

    […] Trend IT Fenomena Social Media […]

  2. Master Zukhruf said,

    January 24, 2010 at 5:07 am

    Situs2 Social Media memang mrupakan hlaman yg brmanfaat buat para End-User u/ mndpatkan artikel2 yg mnarik …

Tulis Komentar