Situs Kembali Pulih

Akhirnya Gaya Hidup Digital (GHD) kembali pulih setelah down beberapa hari. Bukannya apa-apa, tapi server tempat situs ini di-hosting tiba-tiba ditutup karena dianggap sebagai sarang spam. Tentu saja yang menjadi spammer bukan GHD :). Hanya saja, karena situs si spammer itu berada di server yang sama, akhirnya jadilah GHD kena likuidasi juga.

Untunglah pihak hosting cukup cepat memberikan server baru. Seharusnya hari Kamis lalu GHD sudah bisa pulih, tapi berhubung ada libur panjang, saya mudik dan baru sempat memperbaiki malam ini. Sekalian saja saya upgrade versi WordPress yang dipakai dari 1.5 ke 2.3.3. Sekarang situs ini sudah lancar berjalan.

Hanya sayangnya … semua komentar hilang!

Sebenarnya bukan benar-benar hilang; saya masih punya data komentar-komentar itu. Namun karena ukurannya sangat besar, saya selalu gagal mengembalikan datanya ke server. Selidik punya selidik, ukuran data komentar yang besar ternyata karena komentar spam pun ikut tersimpan di situ. Akan terlalu makan waktu untuk memilih komentar yang sah satu per satu, sehingga ya … jadilah sekarang GHD ini polos, tanpa komentar satu pun.

Sayang juga sih … karena komentarnya bagus-bagus.

6 thoughts on “Situs Kembali Pulih”

  1. Wah, sayang ya banyak komentar yang hilang dari tiap artikelnya. Kok ya pas saya baru dapat akses internet lebih luas :(

    Ngga apa-apa deh, yang penting bisa baca artikel di GHD. Semoga semakin sering diupdate.

    Semangat ya pak Donald, terima kasih untuk infonya di GHD.

    Adrianto Nirogo
    (202114453)

Comments are closed.