03.04.05

Cara Menggunakan RSS

Kategori Pencarian Informasi - Oleh admin

Dalam post sebelumnya telah dijelaskan mengenai pentingnya RSS. RSS memungkinkan kita untuk selalu up-to-date mengikuti perkembangan terbaru. Lalu, bagaimana langkah-langkah praktis untuk mulai menggunakan RSS ?

  1. Miliki dan install sebuah program RSS reader.
    Mula-mula Anda harus memiliki sebuah program RSS reader. Ada berbagai program RSS reader yang dapat dipilih, di antaranya Feedreader, RSS Bandit, dan SharpReader. Masih banyak pilihan program lainnya yang dapat dilihat di Google. Download dan install-lah program yang Anda pilih.
  2. Cari situs-situs yang menyediakan RSS feed.
    Hanya situs-situs yang menyediakan RSS feed sajalah yang dapat dibaca oleh program RSS reader. Oleh karena itu Anda perlu memastikan apakah suatu situs menyediakan RSS feed atau tidak. Situs-situs yang menyediakan RSS feed umumnya menampilkan sebuah kotak kecil bertuliskan XML atau RSS pada halaman web-nya. Contoh situs yang menyediakan RSS feed dapat dilihat di sini.
  3. Tambahkan feed dari situs tersebut ke program RSS reader.
    Dalam program RSS reader pasti tersedia menu untuk menambahkan feed baru. Pilih menu tersebut lalu masukkan alamat feed dari situs yang ingin ditambahkan. Alamat feed ini dapat diperoleh dengan mengklik kanan kotak kecil bertuliskan XML atau RSS pada situs, dan memilih menu Copy Shortcut (pada Internet Explorer) atau Copy Link Location (pada Firefox). Selanjutnya alamat tersebut tinggal di-paste ke program RSS reader.
  4. Update RSS feed yang ada.
    Untuk mendapatkan berita terbaru dari situs-situs yang sudah ditambahkan, pilihlah menu Update pada program RSS reader. Program RSS reader akan mendownload berita terbaru dari semua situs tersebut. Selain itu, program RSS reader juga dapat diset untuk melakukan update secara otomatis pada periode waktu tertentu.

8 Komentar »

  1. hermawan said,

    June 30, 2008 at 10:04 am

    makasih atas infonya

  2. dinto said,

    July 11, 2008 at 2:15 am

    terimakasih banyak atas pencerahannya
    semoga sukses…

    trim’s

  3. bloralive said,

    August 5, 2008 at 9:58 pm

    thank’s atas artikelnya…

  4. Trend IT (2) « ed07blue’s Weblog said,

    September 17, 2008 at 8:34 pm

    […] poin 2-4, dari sini saja kita bisa mendapatkan sangat banyak. Tentu dengan syarat kita bisa menggunakan RSS secara maksimal. Keuntungan lainnya, RSS tidak memakan banyak bandwidth sehingga masih bisa nyaman […]

  5. Rahmat said,

    February 27, 2009 at 11:12 am

    Aku beri tahu cara instalnya donk + cara pakainya ? Kalo pasang rssnya secara offline bisa ngak ?
    tolong bantuan yang sebesar-besarnya ?

  6. arif said,

    March 12, 2009 at 12:10 pm

    teknologi rss memang bagus, aku dulu belajar rss dari http://www.aefil.com, tp sekarang ngk tau apakah tutorialnya masih ada atau ngk. Semoga bisa membantu

  7. omar said,

    December 15, 2009 at 10:55 pm

    mas saya mau tanya di dalam web nya tidak menyediakan RSS feed apakah kita mash bsa mencari info dari web tersebut secara otomatis…??

  8. angel said,

    September 26, 2010 at 7:51 am

    RSS itu gimana cara intall ke blog ?

Tulis Komentar