22.04.06

Ilmu Terpenting

Kategori Pengembangan Diri - Oleh admin

Apakah ilmu yang terpenting ? Tentu saja setiap orang bisa mempunyai jawabannya sendiri-sendiri, karena istilah “ilmu terpenting” ini juga bisa dilihat dari banyak sisi. Namun di sini saya ingin melihatnya dari sisi gaya hidup digital. Dalam gaya hidup digital, kira-kira ilmu apakah yang terpenting ?

Satu ciri yang kental dalam gaya hidup digital adalah perubahan yang begitu cepat. Rasanya hal-hal baru selalu datang silih berganti. Belum selesai belajar satu hal, hal yang baru sudah muncul. Baru saja mempelajari teknologi A, teknologi B sudah muncul. Dalam keadaan yang seperti ini, ilmu apakah yang terpenting ?

Beberapa waktu yang lalu saya berpendapat bahwa ilmu yang terpenting adalah ilmu untuk belajar ilmu baru dengan cepat. Artinya, karena perubahan sekarang begitu cepat, ilmu yang terpenting adalah ilmu tentang cara belajar, ilmu tentang bagaimana mempelajari sesuatu yang baru dengan efektif. Dengan demikian, saat ada ilmu baru muncul, kita bisa mempelajari dan menyerapnya dengan cepat.

Namun demikian, belakangan ini saya mulai memikirkan kembali tentang hal ini. Apakah benar bahwa ilmu terpenting adalah ilmu untuk belajar ilmu baru dengan cepat ? Apakah kemampuan untuk belajar dengan cepat saja cukup ? Saya rasa tidak. Sekarang ini perkembangan begitu pesatnya, sehingga orang yang mampu belajar cepat pun tidak akan mampu mengikuti semuanya. Kalau ia berusaha mengikuti semuanya, maka ia hanya akan menjadi orang yang rata-rata. Dan ini gawat, benar-benar gawat. Ibaratnya, ia bisa melamar ke banyak macam pekerjaan, tapi di semua pekerjaan itu ia akan ditolak karena selalu ada orang-orang yang lebih baik daripada dirinya. Di jaman sekarang ini orang yang hanya rata-rata memang tidak akan mendapat tempat.

Lalu apa lagi yang dibutuhkan ? Kalau kemampuan belajar cepat saja tidak cukup, lalu apa lagi yang masih kurang ? Saya percaya bahwa jawabannya adalah kemampuan untuk memilih ilmu yang tepat. Ia harus mampu memilih ilmu yang tepat dulu, dan baru kemudian mempelajarinya dengan cepat. Dengan cara ini ia akan menjadi orang yang unggul di bidangnya.

Dengan demikian menurut saya ilmu terpenting adalah ilmu untuk memilih ilmu yang tepat dan mempelajarinya dengan cepat. Ini dia kuncinya. Dengan memilih ilmu yang tepat kita akan bisa memaksimalkan waktu dan potensi kita. Tidak ada energi yang terbuang percuma. Semua energi kita difokuskan ke satu arah yang memberikan dampak terbesar. Dan dengan mampu belajar cepat kita akan menjadi orang yang unggul di bidang itu. Ibaratnya, kita bisa menjadi pemenang di tempat dan waktu yang tepat. Pertanyaannya, sudahkah kita menguasai ilmu terpenting ini ?

4 Komentar »

  1. Putra said,

    June 4, 2008 at 7:07 pm

    Setuju sekali…………

  2. Ilmu terpenting « Neofirman’s Weblog said,

    June 12, 2008 at 12:59 am

    […] Ilmu terpenting Posted on June 11, 2008 by neofirman Ilmu Terpenting […]

  3. Maurice avrahm said,

    January 8, 2009 at 3:37 pm

    Ok. Deh. Nanya boleh döng. Ini blog posting dmana?

  4. Samsul hadi said,

    March 17, 2009 at 5:05 pm

    Baik, untuk menambah ilmu pengetahuan dan belajar membaca cepat

Tulis Komentar