10.05.05

Blog – 5W1H

Kategori Trend IT - Oleh admin

Blog adalah fenomena yang sedang berkembang di dunia maya saat ini. Banyak orang, dan bahkan juga perusahaan, yang membuat blog. Pengalaman dan ide-ide baru sekarang menemukan bentuk yang baru sebagai medianya, yaitu blog !

Di sini blog akan diperkenalkan secara tuntas dalam bentuk 5W1H, yaitu what (apa), who (siapa), why (mengapa), when (kapan), where (di mana), dan how (bagaimana).

What – Apa itu blog ?

Blog adalah sebuah situs yang berisikan tulisan-tulisan menurut tanggal, yang biasanya berisi ide, opini, atau pengalaman penulisnya. Dengan kata lain dapat juga dikatakan bahwa blog adalah semacam buku harian (jurnal) online. Berbagai definisi blog menurut Google dapat dilihat di sini.

Who – Siapa yang membuat blog ?
Siapa saja bisa membuat blog, baik secara pribadi, kelompok, maupun organisasi. Blog Gaya Hidup Digital ini misalnya, merupakan blog pribadi saya. Contoh blog untuk kelompok adalah blog Kuliah Online di mana semua mahasiswa yang berpartisipasi dapat ikut menulis. Sedangkan contoh blog perusahaan adalah Google Blog dan MSDN Blogs.

Why – Mengapa membuat blog ?

Blog memungkinkan kita untuk berbagi pengalaman, ide, opini, pemikiran dan perasaan dengan orang lain. Dengan blog kita jadi mempunyai ‘suara’ di Internet. Mungkin inilah sebabnya blog begitu populer. Kita bebas mengekspresikan diri kita. Sebagai contoh, dalam blog ini saya menuangkan ide-ide dan pemikiran tentang gaya hidup digital, sesuatu yang sangat saya minati. Blog juga bisa dipakai untuk saling berbagi di antara sekelompok teman. Dengan saling membaca blog, kita jadi bisa saling mengetahui kisah masing-masing. Sedangkan bagi perusahaan, blog dapat dipakai untuk menyuarakan sikap, menjelaskan produk, dan membagikan kultur perusahaan.

When – Kapan membuat blog ?
Kapan saja kita mau. Tidak ada batasan karena blog memang merupakan ekspresi dari diri kita masing-masing.

Where – Di mana bisa membuat blog ?

Ada banyak situs yang menyediakan fasilitas untuk membuat blog secara gratis, di antaranya adalah Blogger, Blog Drive, Multiply dan MSN Spaces. Masih banyak situs lain yang juga menawarkan fasilitas untuk membuat blog. Kita bisa membuat blog di situs-situs tersebut.

How – Bagaimana cara membuat blog ?
Setiap situs memiliki caranya sendiri-sendiri, namun secara keseluruhan dapat dikatakan bahwa caranya sangatlah mudah dan cepat. Di Blogger misalnya, blog baru dapat dibuat hanya dalam tiga langkah, yaitu membuat account, menamai blog, dan memilih bentuk tampilan (template) dari blog. Kita akan dipandu langkah demi langkah sampai blog kita jadi.

Demikianlah 5W1H dari blog. Dengan melihat semua kelebihan ini, tidaklah mengherankan kalau saat ini blog telah menjadi sebuah fenomena !

2 Komentar »

  1. Aab Abdilah said,

    August 14, 2008 at 2:15 pm

    Tulisannya sangat bagus dan sangat bermanfaat bagi yang sedang belajar membuat blog, termasuk saya. Blog-nya memberikan informasi yang akurat tentang Seputar “blog” walaupun agak kurang panjang sedikit. Saya baru membuat blog tetapi masih blog sederhana, tuliusannya pun masih dikit, maklum sedanbg uji coba ,judulnya pun dikasih “blog uji coba”…. saya harap bisa berkinjung ke blog saya walaupun masih banyak kekurangan dan memberi komentar tentunya yang bermanfaat bagi kemajuan blog blog saya. Sekian dan Terima kasih………… Wasallam

  2. Arif_Dahsyat! said,

    September 7, 2008 at 6:54 pm

    Tulisannya meski sangat sederhana tapi cukup singkat padat dan jelas. Namun kalau bisa dijelaskan dgn gamblang dan lebih mendetail lagi karena itu amat berguna khususnya bagi saya. Karena jujur saya pun masih dlm taraf belajar mengembangkan blog. Bagi teman2 semua inga2!!! kunjungi blog saya yah… http://arifgenius01.wordpress.com

Tulis Komentar