Prinsip Pareto

Untuk mencapai produktivitas maksimum, ada satu prinsip penting yang tidak boleh kita lupakan, yaitu prinsip Pareto. Prinsip ini (dikenal juga sebagai prinsip 80-20) mengatakan bahwa 80% hasil diperoleh dari 20% hal. Ya … perbandingannya tidak selalu harus 80-20. Yang penting, ide utamanya adalah bahwa sebagian besar hasil diperoleh dari sebagian kecil hal.

Lalu, apa hubungannya dengan produktivitas maksimum ? Prinsip ini membantu kita mengatur prioritas untuk mendapatkan hasil yang maksimum ! Coba lihat beberapa penerapan prinsip Pareto berikut:

  • 20% artikel memberikan 80% manfaat.
  • 20% email memberikan 80% informasi.
  • 20% buku memberikan 80% pengetahuan.

Apa artinya ? Artinya, berikanlah sebagian besar waktu kita pada 20% artikel, 20% email, dan 20% buku yang paling menghasilkan ! Atau dengan kata lain, berikanlah 80% waktu kita pada 20% hal yang paling menghasilkan. Inilah kunci menuju produktivitas maksimum ! Menaruh waktu kita pada hal-hal yang benar, hal-hal yang memberikan produktivitas paling tinggi.

Masalahnya, banyak orang memberikan waktunya pada hal-hal yang salah. Mereka menaruh waktunya pada hal-hal yang tidak atau kurang produktif. Apa akibatnya ? Hidup mereka menjadi tidak maksimal. Menyedihkan.

Memang, melakukan prinsip ini tidak semudah mengatakannya. Kita harus belajar dulu membedakan hal-hal mana yang paling menghasilkan, dan belajar mengatur waktu untuk itu. Ini tidak bisa dilakukan dalam semalam. Butuh waktu. Tapi percayalah, hasilnya tidak akan mengecewakan !