28.11.05

Social Bookmarking

Kategori Trend IT - Oleh admin

Salah satu trend yang sedang merebak di Internet saat ini adalah social bookmarking. Apa itu social bookmarking ? Seperti yang Anda tahu, kalau kita menemukan situs yang menarik di Internet maka kita bisa menyimpan alamatnya dalam bentuk bookmark di browser (di Internet Explorer dikenal dengan istilah Favorites). Social bookmarking bekerja dengan cara yang sama seperti bookmark biasa: kita juga menyimpan alamat-alamat situs yang menarik bagi kita. Perbedaannya terletak pada kata social. Dalam social bookmarking, bookmark tersebut tidak kita simpan sendiri tapi kita bagi dengan orang lain melalui Internet. Ini berarti orang lain bisa melihat bookmark kita dan sebaliknya kita juga bisa melihat bookmark orang lain !

Lalu mengapa social bookmarking menjadi trend ? Karena banyak hal baru yang menjadi mungkin lewat social bookmarking, terutama yang berkaitan dengan knowledge sharing. Misalnya, dengan social bookmarking kita bisa:

  • Berlangganan daftar bookmark dari orang yang menjadi favorit kita.
    Seandainya Bill Gates ikut dalam social bookmarking, maka kita bisa berlangganan daftar bookmark dari Bill Gates. Ini berarti kita bisa menelusuri jejak perjalanan Bill Gates di dunia maya ! Dengan demikian kita bisa lebih cepat mengikuti hal-hal yang sedang ia kerjakan.
  • Berlangganan daftar bookmark dari bidang yang menarik bagi kita.
    Setiap bookmark dalam social bookmarking diberi tanda yang menunjukkan bookmark tersebut termasuk dalam bidang apa saja (bisa lebih dari satu bidang). Tanda ini disebut dengan istilah tag. Karena itu social bookmarking sering juga dikenal dengan istilah tagging. Misalnya saja, bookmark tentang Microsoft Office bisa diberi dua tag sekaligus yaitu microsoft dan productivity.
    Nah, dalam social bookmarking, kita bisa berlangganan daftar bookmark dari tag yang menarik bagi kita, yang berarti bookmark dari semua orang untuk bidang tersebut akan sampai kepada kita ! Lalu apa keuntungannya ? Keuntungannya adalah … kita bisa dengan cepat (dan lengkap) mengikuti perkembangan terbaru dalam bidang itu ! Menarik bukan ?

Situs social bookmarking yang paling terkenal adalah del.icio.us, tapi masih banyak situs social bookmarking lainnya seperti Yahoo! My Web 2.0. Anda bisa membaca ulasan lengkap tentang berbagai situs social bookmarking dalam artikel PC Magazine tentang social bookmarking.

Tulis Komentar