26.12.05

Definisi Produktivitas

Kategori Tips Produktivitas - Oleh admin

Tema blog ini adalah hidup dengan produktivitas maksimum, namun apa sih sebenarnya yang dimaksud dengan produktivitas ? Tentu kita perlu mengerti dulu definisi dari produktivitas. Akan lucu jadinya kalau kita sering membahas tentang produktivitas tapi justru tidak mengerti produktivitas itu apa.

Jika dilihat dari asal katanya dalam bahasa Inggris, produktivitas (productivity) berasal dari kata produce yang berarti menghasilkan. Jadi produktivitas adalah kemampuan untuk menghasilkan, atau tingkat hasil yang diperoleh seseorang. Orang yang produktivitasnya tinggi adalah orang yang mencapai banyak hasil dalam hidupnya. Semakin tinggi tingkat produktivitasnya berarti semakin banyak hasil yang ia capai.

Oleh Steve Pavlina, definisi produktivitas ini ditulis dalam bentuk persamaan:

Produktivitas = Nilai / Waktu

Artinya produktivitas dikatakan meningkat kalau kita bisa menghasilkan lebih banyak dalam jangka waktu yang sama, atau kalau kita bisa menghasilkan sama banyak dalam jangka waktu yang lebih singkat. Anda setuju dengan persamaan ini ? Saya pribadi sangat setuju. Dari persamaan itu tampak bahwa ada dua cara untuk meningkatkan produktivitas:

  1. Meningkatkan nilai yang dihasilkan, atau
  2. Mengurangi waktu yang dibutuhkan

Dua hal inilah yang menjadi fokus kita dalam meningkatkan produktivitas. Dengan attitude yang benar dan dengan bantuan IT, saya yakin kita akan bisa meningkatkan nilai sambil sekaligus mengurangi waktu yang dibutuhkan !

2 Komentar »

  1. gia said,

    May 1, 2008 at 11:55 am

    sorry ko saya ga nemuin definisi gaya hidup yah?

  2. ahmad haruna said,

    March 14, 2009 at 4:27 pm

    saya sangat setuju dengan defenisi tersebut…

Tulis Komentar