26.01.06

Pentingnya Shortcut Keyboard

Kategori Tips Produktivitas - Oleh admin

Dalam bukunya Getting Things Done, David Allen menyatakan bahwa salah satu penghambat produktivitas terbesar bagi pengguna komputer adalah kurangnya penggunaan shortcut keyboard. Berikut ini cuplikan dari halaman 133 buku tersebut:

If you’re in a large-volume e-mail environment, you’ll greatly improve your productivity by increasing your typing speed and using the shortcut keyboard commands for your operating system and your common e-mail software. Too many sophisticated professionals are seriously hamstrung because they still hunt and peck and try to use their mouse too much … I’ve found that many executives aren’t resisting technology, they’re just resisting their keyboards!

Banyak orang kurang menguasai shortcut keyboard sehingga mereka memilih menggunakan mouse untuk melakukan berbagai hal. Meskipun menggunakan mouse memang menyenangkan (tidak perlu repot-repot menghafalkan berbagai shortcut), tapi kecepatan pekerjaannya pasti kalah jauh dibandingkan orang yang menggunakan shortcut keyboard (orang yang suka main game multiplayer pasti sangat sadar akan hal ini :) ).Sebagai contoh, kalau Anda ingin membuka Visual Basic Editor di Microsoft Word 2003, maka dengan mouse Anda harus membuka menu Tools, kemudian submenu Macro, dan kemudian baru mengklik Visual Basic Editor. Dengan keyboard, Anda bisa membuka Visual Basic Editor dalam sekejap dengan shortcut Alt-F11 !

Oleh karena itu ada baiknya kita mempelajari shortcut dari program-program yang sering kita gunakan. Kita bisa mulai dengan mendaftar program-program apa saja yang sering kita gunakan, kemudian mencari daftar shortcut untuk program-program tersebut (biasanya dapat dilihat di menu Help). Selanjutnya kita tinggal mempelajari dan menggunakan shortcut-shortcut tersebut.

Untuk mempelajari shortcut memang membutuhkan waktu, tapi ini adalah investasi waktu yang berguna. Dengan sedikit menginvestasikan waktu sekarang, kita akan sangat banyak menghemat waktu di kemudian hari !

Tulis Komentar