Trend Aplikasi Berbasis Web

Seperti apakah trend aplikasi komputer di masa depan ? Kalau melihat kecenderungan yang muncul akhir-akhir ini, tampaknya trend aplikasi akan semakin kuat menuju aplikasi berbasis Web. Kalau selama ini biasanya kita menginstall aplikasi yang dibutuhkan di komputer kita sendiri (seperti Microsoft Office atau Adobe Photoshop), di masa depan akan semakin banyak aplikasi yang tersedia melalui Internet dan cukup diakses melalui browser. Bahkan bisa jadi di masa depan kita tidak lagi memerlukan aplikasi lain di komputer kita selain browser !

Trend ini semakin kuat belakangan ini dengan munculnya alternatif-alternatif Microsoft Office yang berbasis Web. Misalnya saja, untuk pengganti Microsoft Word terdapat Writely (yang baru saja ini dibeli Google), untuk pengganti Microsoft Excel ada AjaxXLS dan Google Spreadsheet, dan untuk pengganti Microsoft PowerPoint ada Thumbstacks. Memang fitur yang tersedia belum secanggih Microsoft Office, tapi semua alternatif ini menunjukkan perkembangan yang menjanjikan di masa depan.

Ada beberapa keuntungan dari aplikasi berbasis web:

  1. Kita tidak perlu menginstall program apa pun
    Satu-satunya program yang kita perlukan adalah browser, yang pasti sudah tersedia langsung di dalam sistem operasi. Tentu ini memudahkan kita karena tidak perlu lagi repot-repot menginstall untuk menggunakan suatu aplikasi. Keuntungan ini terutama sangat terasa di lingkungan perusahaan dengan ratusan komputer atau lebih. Kalau sebelumnya aplikasi tersebut harus diinstall satu per satu di semua komputer yang digunakan, sekarang tidak ada apa-apa lagi yang perlu diinstall.
  2. Kita secara otomatis selalu mendapatkan versi terbaru
    Karena aplikasi tersebut terpasang di server Internet, perusahaan pembuat aplikasi bisa memperbarui aplikasinya terus-menerus. Begitu kita mengakses aplikasi itu, yang kita dapatkan pasti adalah versi terbaru. Tidak perlu lagi kita melakukan upgrade, menginstall service pack, maupun berbagai hal lainnya yang merepotkan.
  3. Bisa diakses dari mana saja
    Karena terpasang di server Internet, kita bisa mengakses aplikasi tersebut dari mana saja dan dengan komputer apa saja. Berbeda sekali dengan keadaan sekarang di mana kita harus membawa komputer kita ke mana pun kita pergi.
  4. Bisa digunakan pada sistem operasi apa pun
    Karena berbasis Internet dan diakses melalui browser, maka kita bisa mengakses aplikasi tersebut dengan sistem operasi apa pun. Entah menggunakan Linux, Windows atau Mac OS, kita hanya perlu menggunakan browser dan aplikasi itu akan berjalan dengan sempurna.

Itulah berbagai keuntungan dari aplikasi berbasis web. Cara pembayarannya untuk aplikasi komersial juga berbeda. Kalau sekarang kita biasanya mengeluarkan uang sekali untuk membeli aplikasi yang hendak diinstall, maka pada aplikasi berbasis web digunakan sistem langganan. Misalnya saja untuk mengakses aplikasi A kita harus membayar biaya langganan sebesar Rp 50.000 per bulan.

Namun di sisi lain, aplikasi berbasis web seperti ini juga membawa kerugian bagi banyak pengguna komputer di Indonesia, yaitu … aplikasinya tidak bisa dibajak :).