05.09.05

Podcasting

Kategori Trend IT - Oleh admin

Saat ini ada sebuah trend gaya hidup digital yang sedang naik daun, yaitu podcasting. Tidak seperti RSS yang sudah mulai populer sejak tahun 2000, podcasting baru mulai populer sejak bulan September 2004. Masih sangat baru bukan ? Bahkan bisa dibilang tanggal penulisan post ini bertepatan dengan satu tahun mulai populernya podcasting !

Lalu apa itu podcasting ? Podcasting sebenarnya sangat mirip dengan RSS, di mana kita bisa berlangganan informasi-informasi terbaru secara otomatis. Bedanya, kalau informasi di RSS disajikan dalam bentuk teks, informasi di podcasting disajikan dalam bentuk suara !

Saat kita menggunakan podcasting, situs-situs langganan kita akan secara periodik diperiksa kalau-kalau ada informasi baru yang dikeluarkan. Bila ada, maka file suara yang berkaitan (biasanya dalam format MP3) akan secara otomatis di-download-kan ke komputer kita. Selanjutnya kita bisa menikmatinya dengan menggunakan program-program pemutar musik seperti Windows Media Player, Winamp dan sejenisnya.

Lalu informasi macam apa yang biasanya disajikan dalam bentuk podcast ? Ada bermacam-macam, di antaranya talk show, berita, renungan dan bahkan juga khotbah !

Trend ini sebenarnya muncul dari merebaknya piranti-piranti pemutar musik portabel seperti iPod, bahkan nama podcasting sendiri sebenarnya berasal dari istilah iPod + broadcasting. Mengapa begitu ? Karena dengan pemutar musik portabel ini orang jadi bisa mendengarkan musik di mana saja dan kapan saja. Lalu muncul ide, kalau orang bisa mendengarkan musik di mana saja dan kapan saja, mengapa mereka tidak bisa mendengarkan talk show, berita, dan sebagainya, juga di mana saja dan kapan saja ?

Dari sinilah muncul podcasting. Orang jadi bisa berlangganan talk show atau acara berita favoritnya lalu mendengarkannya di mana saja dan kapan saja !

1 Komentar »

  1. Podcast? | Mentiko, Sekojab Tapi Sodap said,

    June 12, 2008 at 2:31 am

    […] bisa didengar di Podcast Indonesia Dikutip dari: Podcasting Posted by Aulia Andri on June 9, 2008 in My […]

Tulis Komentar