Cara Menggunakan Podcasting

Pada post sebelumnya telah diberikan perkenalan tentang podcasting. Lalu bagaimana cara menggunakan podcasting itu sendiri ? Ya, pada post ini kita akan membahas cara menggunakan podcasting. Software podcasting yang akan digunakan sebagai contoh dalam post ini adalah iTunes 4.9 dari Apple. Mengapa iTunes ? Karena inilah software multimedia dari Apple yang telah menghebohkan dunia ! Berpasangan dengan iPod, iTunes telah membuat fenomena baru dalam dunia musik digital dengan menjual lebih dari 500 juta (!) lagu sampai saat post ini ditulis.

Langkah-langkah untuk menggunakan podcasting dengan iTunes adalah:

  1. Download software iTunes dari alamat http://www.apple.com/itunes/download/ dan kemudian install di komputer Anda.
  2. Setelah diinstall, jalankan program iTunes. Di sebelah kiri terdapat sebuah panel bernama Source yang berisi sekumpulan item. Salah satu item yang terdapat di panel Source tersebut adalah Podcasts.
  3. Klik Podcasts di panel Source, maka tampilan di panel kanan akan berubah untuk menunjukkan daftar podcast langganan Anda. Saat ini daftar tersebut masih kosong.
  4. Podcasting 1

  5. Untuk berlangganan podcast, Anda dapat mencari podcast-podcast yang sesuai dengan keinginan Anda di Podcast Directory iTunes. Untuk masuk ke Podcast Directory iTunes, klik label Podcast Directory yang terdapat di sebelah bawah daftar podcast. Untuk langkah ini komputer Anda harus terkoneksi dengan Internet.
  6. Di Podcast Directory, terdapat banyak pilihan podcast. Podcast-podcast yang populer ditampilkan langsung di halaman utama. Anda juga dapat mencari podcast yang Anda inginkan dengan memanfaatkan kotak pencarian yang terdapat di bagian atas Podcast Directory. Selain itu, di bagian kiri terdapat daftar kategori dari berbagai podcast yang tersedia. Anda dapat mengklik suatu kategori untuk melihat podcast-podcast yang terdapat di dalam kategori tersebut. Sampai saat post ini ditulis, terdapat lebih dari 6000 podcast yang terdaftar di Podcast Directory iTunes.
  7. Podcasting 2

  8. Setelah menemukan podcast yang Anda inginkan, klik nama podcast tersebut untuk memunculkan keterangan lengkap tentang podcast tersebut beserta tombol Subscribe. Selanjutnya klik tombol Subscribe itu untuk berlangganan podcast yang bersangkutan. Langkah ini dapat diulangi untuk podcast-podcast lain yang Anda inginkan.
  9. Podcasting 3

  10. Sekarang klik kembali item Podcast di panel Source untuk masuk ke daftar podcast langganan Anda. Podcast yang Anda pilih tadi telah muncul di daftar tersebut.
  11. Untuk mengupdate podcast langganan Anda, klik tombol Update yang terdapat di bagian kanan atas. Selanjutnya iTunes akan secara otomatis men-download-kan episode terbaru dari semua podcast langganan Anda. iTunes juga akan menampilkan daftar episode-episode yang lebih lama.
  12. Podcasting 4

  13. Setelah di-download, Anda bisa men-dobel-klik nama episode tersebut untuk memainkannya. Episode-episode yang lebih lama juga bisa di-download dengan menekan tombol Get yang terdapat di sebelah kanan nama episode tersebut.
  14. Selanjutnya iTunes akan secara otomatis meng-update semua podcast langganan Anda setiap hari. Anda bisa mengatur konfigurasi podcasting di iTunes melalui menu Edit | Preferences pada tab Podcasting.

Setelah semua langkah ini Anda ikuti maka … selamat ! Podcasting telah menjadi bagian dari gaya hidup Anda !

2 thoughts on “Cara Menggunakan Podcasting”

  1. ini gratis kan ya?begitu aku klik podcast directory, ga bisa. trus ditulis : the item you’ve requested is not currently available in Indonesian store. gimana dong?

Comments are closed.