Tool untuk Blogging (1)

Blog memang merupakan trend yang sedang naik daun. Bayangkan saja, saat ini setiap hari muncul sekitar 80.000 blog baru ! Berbeda dengan jaman dulu di mana hanya orang-orang tertentu yang bisa menyuarakan pikirannya ke seluruh dunia, sekarang setiap orang bisa menyuarakan pikirannya sendiri-sendiri untuk didengar oleh seluruh dunia. Inilah keajaiban jaman Internet !

Tentu saja, untuk membuat dan menangani blog dibutuhkan berbagai tool. Tool-tool untuk blogging ini bisa dikelompokkan dalam tiga kategori, yaitu blog publishing, blog client, dan utilities. Blog publishing digunakan untuk membuat dan menangani situs web kita di Internet, blog client digunakan untuk menangani blog kita di satu tempat tanpa perlu membuka browser, dan utilities digunakan untuk melengkapi blog kita dengan fitur-fitur tambahan.

Untuk kategori pertama, yaitu blog publishing, ada dua pilihan yang tersedia. Pilihan pertama adalah menggunakan blog publishing yang sudah siap pakai, dan pilihan kedua adalah menggunakan blog publishing yang meminta kita menyediakan hosting sendiri.

Yang paling mudah tentu saja menggunakan blog publishing yang sudah siap pakai. Dengan cara ini kita bisa langsung membuat blog tanpa perlu pusing dengan hal-hal berbau teknis. Contoh layanan siap pakai yang paling terkenal adalah Blogger di mana kita bisa membuat blog baru hanya dalam tiga langkah. Fasilitas yang disediakan pun terbilang cukup lengkap. Dan yang paling menggembirakan, semuanya ini gratis !

Layanan blog siap pakai seperti Blogger inilah yang membuat blog benar-benar menjadi trend. Mengapa ? Karena setiap orang bisa membuat blog-nya sendiri dengan cepat, mudah, dan gratis. Contoh layanan siap pakai lainnya adalah Multiply, BlogDrive, dan ModBlog.

Bersambung ke Tool untuk Blogging (2)