Tool untuk Blogging (3)

Bersambung dari Tool untuk Blogging (2)

Kategori kedua dari tool untuk blogging adalah blog client. Apa itu blog client ? Blog client adalah program untuk blogging yang diinstall langsung di komputer kita. Dengan tool ini, kita bisa menangani semua blog kita tanpa perlu membuka browser sama sekali ! Setiap saat kita bisa menulis post baru tanpa perlu terkoneksi ke Internet, dan begitu terkoneksi ke Internet kita bisa mempublikasikan post itu dengan satu kali penekanan tombol. Menarik bukan ? Di samping itu, dengan tool ini kita bisa meng-upload file dan mengubah layout dari blog. Singkatnya, blogging all-in-one !

Manfaat blog client akan paling terasa kalau kita mempunyai banyak blog (dan jangan salah, banyak blogger mempunyai lebih dari satu blog !). Dengan blog client kita bisa menangani semua blog itu sekaligus di satu tempat. Tidak perlu lagi membuka browser lalu pergi ke berbagai situs. Akibatnya, kegiatan blogging menjadi jauh lebih efisien.

Ada dua blog client yang populer, yaitu BlogJet (komersial) dan w.bloggar (non-komersial). Saya sendiri biasa menggunakan w.bloggar. Belakangan ini semua post saya sudah ditulis dengan w.bloggar.

Setelah blog publishing dan blog client, kategori ketiga dari tool untuk blogging adalah utilities. Utilities ini berfungsi melengkapi blog kita dengan berbagai fitur tambahan. Ada bermacam-macam utilities yang tersedia yang saya bagi dalam beberapa kelompok, yaitu statistik, RSS, shoutbox, dan komentar / trackback.

Bersambung ke Tool untuk Blogging (4)