Tool untuk Blogging (4)

Bersambung dari Tool untuk Blogging (3)

Kelompok utilities pertama, yaitu statistik, berfungsi untuk mengetahui statistik lalu lintas dari blog kita. Asyik kan, kalau kita bisa mengetahui siapa saja yang mengunjungi blog kita dan dari mana mereka berasal ? Kelompok utility statistik inilah yang akan menjawabnya. Ada banyak utility dalam kelompok ini, tapi yang terbaik menurut saya adalah SiteMeter. Mengapa ? Karena SiteMeter menyediakan informasi yang paling lengkap dibandingkan dengan yang lainnya.

Kelompok kedua, yaitu RSS, berfungsi untuk mengolah RSS dari blog kita sehingga mudah digunakan oleh pengunjung. Utility di kelompok ini memungkinkan program RSS reader manapun bisa membaca RSS dari blog kita. Akibatnya, lebih banyak orang yang akan berlangganan RSS dari blog kita. Di samping itu, utility ini juga membantu kita untuk memonitor jumlah pelanggan RSS beserta profil mereka setiap saat. Utility yang paling terkenal dalam kelompok ini adalah FeedBurner.

Kelompok ketiga, yaitu shoutbox, berfungsi menampilkan kotak dialog bagi pengunjung untuk saling berinteraksi. Berbeda dengan komentar, shoutbox tidak terikat dengan salah satu post. Jadi kita bisa berinteraksi tentang topik apa saja di sini ! Menariknya lagi, banyak shoutbox yang dilengkapi dengan fasilitas emoticon sehingga suasananya mirip dengan sebuah chat room. Untuk kelompok ini, utility yang bagus adalah ShoutMix.

Kelompok terakhir, yaitu komentar / trackback, diperuntukkan bagi para blogger yang tidak puas dengan fitur komentar yang telah tersedia. Mereka menginginkan fitur komentar yang lebih intuitif dan lebih mudah digunakan. Di samping itu, mungkin mereka juga menginginkan fitur lain mirip komentar yang disebut trackback. Apa itu trackback ? Trackback adalah link balik ke post seseorang yang memiliki link ke post di blog kita. Hmm, membingungkan ya ? Well, trackback sebenarnya mirip dengan komentar, hanya saja dalam komentar orang menulis opininya di blog kita, sedangkan dalam trackback orang menulis opininya di blognya sendiri. Menarik bukan ? Contoh utility yang terkenal untuk kelompok ini adalah Haloscan.

Begitulah empat kelompok utilities untuk blogging. Cukup banyak memang, namun kita tentu tidak harus menggunakan semuanya. Saya sendiri misalnya, hanya menggunakan utility untuk statistik (SiteMeter) dan penanganan RSS (FeedBurner).

Ya, demikianlah ulasan tool-tool untuk blogging. Sejujurnya, inilah seri post terpanjang yang pernah saya tulis ! :) Dengan semua tool ini, baik di kategori blog publishing, blog client, maupun utilities, saya yakin kegiatan blogging kita akan menjadi lebih efisien dan menyenangkan. Bagaimana menurut Anda ? Mungkin ada tool yang terlewat dan bisa Anda tambahkan ?