Tool untuk Peta Pikiran

Menyambung post Peta Pikiran, bagaimana cara membuat peta pikiran ? Tool apa yang sebaiknya digunakan ? Ada bermacam-macam tool yang tersedia untuk membuat peta pikiran. Yang paling sederhana tentu dengan menggambar sendiri dengan tangan. Sebenarnya justru cara inilah yang dipakai oleh sang penemu peta pikiran yaitu Tony Buzan. Anda dapat melihat langkah-langkah pembuatan peta pikiran menurut Tony Buzan beserta contohnya di sini.

Meskipun begitu, tentu akan lebih nyaman kalau kita menggunakan tool dalam bentuk software. Mengapa ? Sebab peta pikiran yang disimpan dalam bentuk digital akan lebih mudah untuk disimpan, dicari, dan dikelola (lihat post Pencarian Non-Digital).

Tool software untuk membuat peta pikiran (disebut juga mind-mapping software) ada yang bersifat komersial dan non-komersial. Tool komersial yang tersedia ada bermacam-macam seperti MindManager, Visual Mind, dan MindGenius. Yang paling terkenal adalah MindManager yang bisa dibilang merupakan market leader untuk mind-mapping software. Sedangkan tool non-komersial contohnya adalah FreeMind dan ThinkGraph. Yang paling terkenal adalah FreeMind yang berkualitas tinggi namun dapat digunakan secara gratis.

Lalu, tool mana yang sebaiknya digunakan ? Tergantung kebutuhan Anda.Kalau Anda membutuhkan tool yang paling canggih maka Anda dapat menggunakan MindManager. Tool ini memiliki integrasi yang sangat baik dengan Microsoft Office. Artinya peta pikiran yang dibuat oleh MindManager dapat dengan mudah digabungkan dengan dokumen-dokumen Microsoft Office. Selain itu masih banyak fitur lain yang dimiliki oleh MindManager, seperti brainstorming (curah ide) yang memungkinkan kita untuk langsung menuliskan ide apa saja yang terlintas dan kemudian menyusunnya dalam bentuk peta pikiran.

Sayangnya, harga MindManager sangat mahal, yaitu USD 349 (sekitar 3,5 juta rupiah). Memang, software ini bisa di-crack, namun saat ini saya berusaha untuk sedapat mungkin tidak tergantung pada software bajakan. Mengapa ? Karena saya tidak ingin sudah terlanjur keenakan lalu sulit lepas padahal tidak mampu membeli aslinya ! :)

Oleh sebab itu, saya pribadi memilih menggunakan FreeMind. Menurut saya tool ini bagus dan sudah memenuhi semua kebutuhan saya. Dengan FreeMind kita bisa membuat peta pikiran yang kompleks dengan fitur-fitur seperti warna, prioritas, link ke dokumen, dan lain sebagainya. Di samping itu, peta pikiran dalam FreeMind disimpan dalam format XML sehingga mudah untuk dipindahkan ke program mind-mapping lain bila perlu. Dan terakhir, FreeMind tersedia untuk banyak sistem operasi (Windows, Linux, dan Macintosh) sehingga kita dapat bergerak dengan bebas.

One thought on “Tool untuk Peta Pikiran”

Comments are closed.