RSS Reader Online

Dalam post Cara Menggunakan RSS telah dibahas cara membaca RSS dengan program RSS reader. Intinya kita harus menginstall sebuah program RSS reader yang berfungsi mengumpulkan item-item berita langganan kita secara periodik.

Nah, tahukah Anda bahwa kita sebenarnya juga dapat membaca RSS tanpa perlu menginstall program apa pun ? Bagaimana caranya ? Yaitu dengan menggunakan RSS reader online yang berbentuk situs web di Internet. Dengan cara ini, satu-satunya program yang kita butuhkan adalah browser seperti Internet Explorer atau Firefox yang pasti ada di setiap komputer.

Ada berbagai RSS reader online yang tersedia. Yang terkenal adalah Bloglines, Newsgator, dan – yang baru saja muncul – Google Reader. Setahu saya, Bloglines merupakan RSS reader online yang paling populer.

Untuk menggunakan RSS reader online, pertama-tama kita harus melakukan registrasi di situs web-nya. Setelah itu kita dapat mulai menambahkan daftar RSS feed langganan kita. Selanjutnya item-item berita terbaru akan secara otomatis diambil dan dapat kita baca dengan masuk ke situs web RSS reader online yang bersangkutan.

Apa kelebihan RSS reader online ? Yang pertama, kita tidak perlu repot menginstall program apapun. Satu-satunya program yang dibutuhkan adalah browser yang sudah pasti tersedia. Dan yang kedua, kita bisa membaca RSS dari komputer mana pun tanpa terikat pada salah satu komputer. Ini berarti kita bisa memiliki mobilitas yang tinggi dan tetap up-to-date !