Ulang Tahun Emas Bill Gates

Hari ini (28 Oktober 2005) merupakan ulang tahun Bill Gates yang ke-50 (ulang tahun emas !). Berdekatan memang dengan ulang tahun Microsoft yang saya tulis beberapa hari yang lalu. Sebenarnya saya tidak ingin sering-sering menulis tentang ulang tahun, tapi berhubung ini ulang tahun emas, saya jadi tertarik menuliskannya.

Pada usia 50 tahun ini, Bill Gates sudah menjadi orang terkaya di dunia selama sebelas tahun (!) berturut-turut. Ini berarti dia sudah menjadi orang terkaya di dunia sejak umur 39 tahun ! Wow ! Dan itu dengan perusahaan yang dibangunnya sendiri dari nol, bukan dengan perusahaan warisan orang tua atau dengan memanfaatkan kekayaan alam negaranya (seperti yang dialami orang-orang Arab Saudi). Mengagumkan memang. Semua ini merupakan buah kerja kerasnya sejak mendirikan Microsoft pada usia 19 tahun.

Terus terang, bagi saya satu hal yang paling mengagumkan dari Bill Gates adalah sifatnya yang sangat visioner. Microsoft yang sekarang ini sebenarnya merupakan buah dari visinya saat mendirikan Microsoft tahun 1975 yaitu “satu komputer di setiap rumah dan di setiap meja”. Mungkin hal ini kedengaran biasa sekarang, tapi pada tahun 1975 hal ini seperti mimpi di siang bolong ! Bayangkan saja, waktu itu yang bisa memiliki komputer hanyalah perusahaan-perusahaan, mana mungkin bisa ada “satu komputer di setiap rumah dan di setiap meja” ? Tapi berdasarkan visi itulah Microsoft didirikan. Bill Gates menganggap bahwa di masa depan komputer akan begitu murah dan mudah diperoleh, sehingga faktor yang paling menentukan adalah software-nya. Dan berdasarkan keyakinan inilah Microsoft memulai usahanya. Ternyata visi itu memang terbukti benar sekarang !

Sampai sekarang pun Bill Gates tetap seorang yang visioner dan sangat visioner. Microsoft beruntung memiliki pemimpin yang visioner seperti Bill Gates. Mengapa ? Sebab industri high-tech adalah industri yang bergerak sangat cepat dan tidak kenal ampun. Kalah bergerak sedikit saja akan langsung terlibas dari arena permainan. Tak terhitung banyaknya perusahaan yang sudah mengalami hal ini (sekedar contoh: Lotus dan WordPerfect). Alasan utama Microsoft bisa tetap berada di atas adalah karena pemimpinnya seorang yang sangat visioner sehingga bisa melihat jauh ke depan.

Saya tidak sembarangan menarik kesimpulan ini. Dalam buku Business @ the Speed of Thought, Bill Gates sendiri mengatakan bahwa dia memiliki think week atau minggu berpikir sebanyak dua kali setahun. Selama think week itu, dia tidak masuk kantor dan mengasingkan diri seminggu penuh untuk memikirkan arah perusahaan di masa depan. Dari “masa pertapaan” inilah muncul visi-visi baru yang membuat Microsoft terus melaju dengan kencang menuju masa depan.

Well, Bill Gates memang tokoh yang luar biasa. Banyak hal yang bisa kita pelajari dari dia. Akhir kata, happy birthday Bill Gates !