Cara Cepat Membuka Dokumen

Tahukah Anda cara saya membuka dokumen saat ini ? Misalnya saya ingin membuka dokumen bernama blog.doc, apakah yang akan saya lakukan ? Apakah saya akan membuka Windows Explorer atau Microsoft Word terlebih dulu lalu mencari dokumen yang dimaksud ? Tentu saja tidak. Saat ini ada cara yang jauh lebih cepat untuk membuka dokumen, yaitu dengan memanfaatkan Google Desktop Search 2 (GDS 2).

Saya sudah pernah membahas tentang GDS 2, namun waktu itu saya lebih banyak berbicara tentang fitur Sidebar-nya. Kali ini saya ingin membahas fitur lain dari GDS 2, yaitu kotak search yang terletak langsung di taskbar Windows atau di bagian bawah Sidebar. Kotak search inilah yang memungkinkan kita membuka dokumen apa pun dengan cepat !

Kembali ke contoh tadi misalnya, yaitu kita ingin membuka dokumen blog.doc. Langkah yang perlu dilakukan adalah mengetikkan blog.doc ke kotak search tersebut. Sambil mengetik, pencarian akan dilakukan dan hasil yang sesuai akan langsung dimunculkan dalam bentuk menu di bagian atas kotak search. Salah satu hasil yang muncul adalah dokumen blog.doc yang dicari dan kita tinggal memilih menu tersebut untuk membuka dokumen yang dimaksud. Sangat efisien bukan ?

Inilah cara yang saat ini saya gunakan untuk membuka dokumen. Cara ini sangat cepat karena kita tidak perlu membuka program apapun lebih dulu. Dan oya, satu lagi, cara ini juga bisa dipakai untuk membuka program. Misalnya kita ingin membuka program Microsoft Word, maka kita cukup mengetikkan word dan program Microsoft Word akan muncul dalam menu pilihan di atas kotak search. Selanjutnya kita tinggal memilih menu tersebut maka program Microsoft Word akan terbuka !