28.04.06

Ranking Kesiapan ICT Dunia

Kategori Trend IT - Oleh admin

Belum lama ini World Economic Forum mengeluarkan Networked Readiness Index 2006. Indeks ini menunjukkan ranking kesiapan negara-negara dunia dalam memanfaatkan information and communication technology (ICT) untuk pembangunannya. Berikut ini definisi Networked Readiness Index (NRI) yang diberikan oleh World Economic Forum:

The NRI is defined as the degree of preparedness of a nation or community to participate in and benefit from ICT developments.

Dalam post Revolusi Informasi ditulis bahwa ukuran kemajuan suatu negara dalam abad informasi ini adalah “bandwidth per kapita” dari negara itu dan kemampuan mereka untuk memanfaatkan bandwidth tersebut. Tampaknya NRI inilah ukuran yang paling sesuai untuk itu. Melalui NRI kita bisa melihat ukuran kemajuan suatu negara dalam menghadapi revolusi informasi.

Lalu siapa yang menjadi jawara tahun ini ? Tampaknya cukup mudah ditebak: Amerika Serikat. Tapi jangan salah, mereka baru berhasil menduduki peringkat pertama setelah mengalahkan peringkat pertama tahun lalu. Jawara tahun lalu ini sekarang menduduki peringkat kedua. Siapakah itu ? Mungkin cukup mengejutkan, yaitu: Singapura ! Siapa sangka negara tetangga kita ini bisa menduduki peringkat begitu tinggi ? Mereka mengalahkan Jepang, Jerman, Inggris, dan negara-negara maju lainnya.

Bagaimana dengan Indonesia ? Kita menduduki peringkat 68 dari 115 negara dalam NRI tahun ini. Cukup memprihatikan memang, karena kita berada di bawah negara-negara seperti Malaysia (peringkat 24), Thailand (34), Yordania (47), Jamaika (54), Kazakhstan (60), dan Pakistan (67). Tampaknya masih banyak yang harus dilakukan untuk meningkatkan kesiapan kita dalam menghadapi revolusi informasi. Tapi tidak usah kuatir, saya sendiri tetap optimis, dan langkah pertama untuk meningkatkan kesiapan ICT ini bisa dimulai dari diri kita sendiri.

Tulis Komentar