Kenali Komputer dengan Belarc Advisor

Dalam jaman gaya hidup digital ini, komputer merupakan bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan kita sehari-hari. Entah dalam bekerja atau bermain, komputer telah banyak meningkatkan kualitas kehidupan kita. Masalahnya, apakah kita mengenali komputer kita dengan baik atau tidak ? Bisa jadi kita menggunakan komputer setiap hari namun kita malah tidak tahu apa-apa tentang komputer yang kita gunakan.

Lalu apa gunanya mengenali komputer kita ? Banyak. Dengan mengenali perangkat keras di komputer kita misalnya, kita dapat mengetahui di mana kelebihan dan kekurangan komputer kita. Saat ada kebutuhan baru yang muncul dengan cepat kita bisa mengetahui bagian mana yang harus dioptimalkan. Begitu pula halnya dengan perangkat lunak. Dengan mengenali semua perangkat lunak yang terdapat di komputer kita, kita dapat dengan cepat mengetahui perangkat lunak mana yang perlu ditingkatkan, diganti, atau bahkan dibuang. Singkatnya, dengan mengenali komputer kita maka kita dapat mengoptimalkan komputer tersebut untuk mencapai produktivitas maksimum !

Untunglah ada aplikasi yang dapat membantu kita untuk mengenali perangkat keras dan perangkat lunak di komputer kita. Salah satunya adalah Belarc Advisor yang merupakan sebuah freeware. Kita dapat men-download Belarc Advisor dengan ukuran file sekitar 1 megabyte dan meng-install-nya di komputer kita. Saat dijalankan, Belarc Advisor akan mengumpulkan informasi mengenai komputer kita lalu menampilkannya di dalam sebuah browser.

Informasi yang ditampilkan Belarc Advisor meliputi berbagai perangkat keras yang terpasang di komputer kita seperti prosesor, memori, hard disk, CD/DVD drive, kartu grafis, printer, motherboard, monitor, dan sebagainya. Di samping itu juga ditampilkan informasi perangkat lunak seperti daftar semua perangkat lunak yang terinstall di komputer kita (sebagian dilengkapi dengan product key), status antivirus, dan daftar update yang sudah maupun belum ter-install.

Informasi daftar perangkat lunak yang ditampilkan begitu lengkap sehingga jangan heran kalau kita menjumpai banyak aplikasi yang tidak kita kenal padahal ter-install di komputer kita ! Melalui daftar ini kita dapat mengetahui aplikasi mana yang tidak kita perlukan lagi. Selain itu, daftar ini juga dapat membantu kita untuk mengetahui aplikasi apa saja yang perlu di-install saat pindah ke komputer baru. Menariknya lagi, setiap aplikasi yang terdaftar juga dilengkapi dengan link untuk membuka folder dari aplikasi tersebut. Dengan demikian kita bisa mengetahui bukan hanya nama namun juga lokasi persis dari setiap aplikasi di komputer kita.

One thought on “Kenali Komputer dengan Belarc Advisor”

  1. ini bisa dipake sama polisi buat nyari software2 bajakan yang terinstall di komputer lho…
    hati2 buat yang masih pake bajakan & komputernya digunakan untuk komersial…

Comments are closed.