Tidak Ada Jalan Pintas Menuju Sukses (2)

Bersambung dari Tidak Ada Jalan Pintas Menuju Sukses (1)

Singkatnya, tidak ada jalan pintas menuju sukses. Seperti yang pernah saya tulis di post Satu Senti Menuju Sukses, sukses itu dibangun senti demi senti setiap hari. Lalu pelajaran apa yang bisa kita petik ? Berikut ini beberapa hal yang bisa kita pelajari:

  1. Mulailah sedini mungkin
    Karena dibutuhkan waktu begitu lama untuk menjadi sukses maka kita harus mulai sedini mungkin. Semakin cepat kita mulai maka semakin banyak kesempatan yang bisa kita peroleh. Apa langkah pertama yang harus kita lakukan ? Mencari visi. Dengan memiliki visi maka kita bisa melangkah ke arah yang benar dan tidak membuang waktu untuk berputar-putar (lihat post Pentingnya Visi).
  2. Bertekunlah untuk jangka panjang
    Jangan mengharapkan hasil yang instan. Tetaplah tekun mengerjakan visi meskipun belum tampak hasilnya. Contohnya favorit saya untuk masalah ini adalah Thomas Edison. Anda tahu berapa kali percobaan yang dia lakukan untuk menemukan lampu listrik ? 10 kali ? 100 kali ? 500 kali ? Bukan, jawabannya adalah 9000 kali ! Bayangkan apa yang terjadi kalau Thomas Edison menjadi putus asa di percobaan ke-100, ke-1000, ke-5000, atau bahkan ke-8900 ! Tentu dunia harus menunggu lama lagi untuk mendapatkan lampu listrik.
  3. Bekerjalah setiap hari
    Ingatlah bahwa jangka panjang yang dimaksudkan di sini tidak diisi dengan bersantai-santai atau terkadang niat terkadang tidak. Sebaliknya, kita harus bekerja keras setiap hari ! Jangan biarkan satu hari pun berlalu tanpa membangun visi.
  4. Fokuslah pada tujuan
    Poin ini sebenarnya berkaitan dengan poin 2 di atas. Salah satu penyebab kita tidak bisa bertekun untuk jangka panjang adalah karena kita tidak fokus. Ibarat perjalanan panjang, di tengah jalan pasti ada saja hal-hal yang dapat mencuri perhatian kita. Kita harus waspada untuk tidak menyimpang ke tempat lain dan tetap fokus pada tujuan.

One thought on “Tidak Ada Jalan Pintas Menuju Sukses (2)”

Comments are closed.