Kualitas Hidup yang Super

Dari baca-baca buku Economics for Dummies saya jadi paham bahwa kualitas hidup manusia ternyata terus meningkat dari jaman ke jaman. Harapan hidup beberapa abad yang lalu misalnya, ternyata hanya 25 tahun. Ini berarti usia rata-rata orang hanya mencapai 25 tahun. Bahkan dikatakan bahwa 30% bayi tidak pernah mencapai usia 5 tahun !

Itu baru dari segi harapan hidup. Dari banyak segi lainnya kualitas hidup kita sudah jauh meningkat. Bisa dibilang standar hidup orang biasa-biasa sekarang bahkan lebih tinggi daripada raja-raja di masa lalu. Misalnya, mana ada kaisar Romawi yang bisa nonton pertandingan sepakbola di ujung dunia secara live ? :)

Dan memasuki jaman gaya hidup digital seperti sekarang ini, kualitas hidup kita bahkan meningkat lebih jauh lagi. Banyak hal yang dulunya tidak terbayangkan sekarang telah menjadi kenyataan:

  • Kita bisa menelepon siapa saja, kapan saja dan di mana saja kita atau mereka berada (dengan handphone). Jadi lucu kalau membayangkan masa lalu di mana kita harus mencari telepon umum atau wartel untuk menghubungi seseorang yang (mudah-mudahan) sedang berada di rumah.
  • Kita bisa jalan-jalan ke mana pun sambil membawa ribuan lagu sekaligus (dengan digital music player seperti iPod). Sekian tahun yang lalu kita paling-paling hanya bisa membawa belasan lagu dalam bentuk kaset dan walkman.
  • Kita bisa memotret sepuasnya tanpa perlu memikirkan biaya untuk membeli film (dengan kamera digital). Dilengkapi memory card yang cukup besar kita bisa mengambil sampai ratusan foto sekaligus tanpa keluar biaya apa pun. Yang perlu dipikirkan paling-paling hanya biaya baterai (dan ini bisa jadi masalah: saya seringkali terpaksa berhenti memotret bukan karena memory card-nya yang habis tapi karena baterainya yang habis !).
  • Kita bisa mengirimkan surat kepada siapa saja di seluruh dunia dan akan sampai dalam beberapa detik atau menit (dengan email). Bandingkan dengan surat konvensional yang bisa makan waktu sampai berminggu-minggu untuk sampai di tujuan.
  • Kita bisa berbincang-bincang santai dengan teman-teman yang sedang berada di ujung dunia baik dengan teks maupun suara (dengan instant messaging seperti Yahoo Messenger). Kita bahkan bisa ngobrol bersama beramai-ramai (conversation dalam Yahoo Messenger).
  • Kita bisa main game melawan orang-orang di ujung dunia (dengan game online seperti di Battle.net atau Xbox Live). Kita bahkan bisa membuat dunia virtual di cyberspace di mana orang-orang bisa hidup, berinteraksi dan bertransaksi satu sama lain (seperti di Second Life).
  • Kita bisa membeli bermacam-macam barang, termasuk yang dijual orang di ujung dunia, dengan beberapa klik mouse di rumah (melalui toko online seperti Amazon atau Dell).
  • Dan masih banyak lagi.

Sekian tahun yang lalu pernah membayangkan semua ini akan terjadi ? Mungkin Einstein yang hidup di awal abad 20 pun bakal geleng-geleng kepala melihat semuanya ini ! Kita harus mensyukuri apa yang kita alami saat ini.

Dan saya juga jadi penasaran, apa lagi yang akan muncul setelah ini ?