10.07.06

Winkey – Shortcut Terpenting

Kategori Tips Produktivitas - Oleh admin

Dalam post Pentingnya Shortcut Keyboard telah dituliskan bahwa penggunaan shortcut keyboard dapat banyak meningkatkan produktivitas kita. Tugas-tugas yang biasanya membutuhkan waktu lama untuk diselesaikan dengan mouse dapat diselesaikan dalam sekejap menggunakan shortcut keyboard. Masalahnya dari mana kita harus memulai ? Shortcut keyboard mana yang harus kita pelajari lebih dulu ?

Logikanya, kita tentu harus mempelajari shortcut keyboard untuk tugas-tugas yang paling sering kita lakukan. Semakin sering kita melakukan tugas itu maka semakin banyak penghematan waktu yang bisa kita peroleh dengan menggunakan shortcut keyboard.

Salah satu cara yang bagus untuk memulai adalah dengan melihat program-program apa yang sering kita gunakan. Saat ingin menggunakan program itu, langkah pertama yang harus kita lakukan tentunya adalah membukanya. Selain itu tentu juga ada file atau folder data yang sering kita gunakan. Lagi-lagi langkah pertama yang harus kita lakukan adalah membuka file atau folder itu.

Pada post Membuat Shortcut dengan Winkey telah dibahas bagaimana program Winkey dapat meningkatkan produktivitas kita dalam hal ini. Dengan Winkey kita bisa membuat shortcut keyboard untuk program, file atau folder yang sering kita gunakan. Dengan demikian kita bisa membuka program, file atau folder itu dalam sekejap ! Dan karena sering digunakan, maka akan sangat banyak penghematan waktu yang dapat kita peroleh.

Saya sendiri sangat merasakan manfaatnya. Bisa dibilang shortcut yang dibuat dengan Winkey ini merupakan shortcut pertama yang harus kita hafalkan. Mengapa ? Karena begitu banyaknya penghematan waktu yang dapat kita peroleh.

Lalu bagaimana kalau kita lupa shortcutnya ? Nah, inilah enaknya menggunakan Winkey. Pada program-program lain (seperti Microsoft Word, Firefox, dan sebagainya) biasanya kita harus membuka Help dari program itu untuk mencari shortcut yang kita lupakan. Tapi dengan Winkey, kita cukup menekan Win + F9 untuk melihat daftar semua shortcut yang ada ! Dengan cara ini kita bisa dengan cepat hafal dan terbiasa menggunakan shortcut Winkey. Bagi saya, Winkey adalah program yang wajib untuk meningkatkan produktivitas.

Catatan:
Seharusnya post ini ditulis kemarin, tanggal 9 Juli. Tapi entah kenapa situs ini (gayahidupdigital.com) kemarin tidak bisa diakses, mungkin karena server hostingnya down. Akhirnya waktu penulisannya terpaksa diundur sehari.

1 Komentar »

  1. ichang said,

    December 12, 2009 at 3:41 am

    thanks bro

Tulis Komentar