03.09.06

Belajar Cepat dengan Konsep MASTER

Kategori Pengembangan Diri - Oleh admin

Seperti yang saya tulis di post Pentingnya Belajar Cepat, di jaman ini kita dituntut untuk mampu belajar cepat. Kebetulan Jumat kemarin saya menghadiri sebuah seminar yang bertemakan Individual Competitiveness in a World That is Flat. Di situ sang pembicara (country manager Sybase Singapore) membahas mengenai hal-hal apa yang kita butuhkan untuk berhasil di dunia yang "datar" ini. Dan ia mengatakan bahwa kemampuan yang paling penting adalah kemampuan untuk belajar cepat.

Lalu bagaimana caranya untuk belajar cepat ? Konsep belajar cepat yang saya sukai adalah konsep MASTER yang saya jumpai di buku Accelerated Learning for the 21st Century. Istilah MASTER di sini adalah singkatan dari Motivating your mind, Acquiring the information, Searching out the meaning, Triggering the memory, Exhibiting what you know, dan Reflecting what you’ve learned. Berikut ini keterangan detailnya:

  1. Motivating your mind (memotivasi pikiran)
    Langkah pertama dalam belajar cepat adalah motivasi. Ini penting sekali. Berapa banyak orang yang berusaha untuk belajar tanpa motivasi ? Mereka menganggap belajar sebagai suatu bentuk "penderitaan". Dengan sikap seperti ini bisa dibilang secara bawah sadar otak akan menolak informasi yang masuk karena dianggap negatif ! Jelas saja kita jadi sangat sulit belajar. Bandingkan dengan orang yang termotivasi, yang menganggap belajar itu seru dan mengasyikkan. Secara bawah sadar otak akan dengan senang hati mempersilakan informasi untuk masuk.
  2. Acquiring the information (memperoleh informasi)
    Ada tiga gaya belajar utama, yaitu visual (melalui penglihatan), auditori (melalui pendengaran), dan kinestetik (melalui tindakan). Kita akan lebih cepat menangkap informasi kalau kita belajar sesuai dengan gaya belajar kita. Oleh karenanya kita perlu mengenali gaya belajar yang cocok untuk kita lalu mempraktekkannya. Hasilnya kita akan lebih cepat menangkap informasi.
  3. Searching out the meaning (menyelidiki makna)
    Sekedar membiarkan informasi masuk sama sekali tidak cukup. Kita harus berusaha untuk mendapatkan makna dari informasi itu. Ini sama seperti mencerna informasi yang masuk sampai memahami hakikatnya luar dalam. Jadi bukan hanya menghafalkan fakta, tapi terus maju sampai memahami konteksnya dan penerapannya untuk hal-hal lain. Berapa banyak orang yang hanya berusaha menghafal fakta tanpa memahami maknanya ?
  4. Triggering the memory (memicu memori)
    Memahami makna merupakan hal yang sangat penting, tapi kita juga harus mampu mengingat fakta. Banyak orang yang punya daya ingat luar biasa. Contohnya ada orang Jepang yang menghafalkan angka pi sampai ribuan angka di belakang koma ! Ck…ck… (biasanya kita hanya hafal dua angka yaitu "14" dari "3.14"). Ada banyak teknik yang bisa memudahkan kita mengingat fakta. Singkatan seperti "MASTER" merupakan salah satunya. Akan jauh lebih mudah untuk mengingat enam langkah Accelerated Learning kalau kita memakai singkatan "MASTER".
  5. Exhibiting what you know (memamerkan apa yang anda ketahui)
    Memamerkan di sini bukan berarti sok tahu. Yang dimaksud adalah kita harus berusaha membagikan ilmu kita ke orang lain. Saat membagikan ilmu ke orang lain kita justru akan mendapatkan lebih banyak lagi ! Percaya tidak ? Saya sendiri sudah sering membuktikan hal ini. Bagi saya, salah satu penerapan langkah kelima ini adalah menulis blog. Apa yang saya dapat saya bagikan dalam bentuk blog. Dan hasilnya … luar biasa ! Saya sendiri jadi jauh lebih mengerti tentang topik yang ditulis. Apalagi kalau mendapatkan masukan dari teman-teman dalam bentuk komentar :).
  6. Reflecting what you’ve learned (merefleksikan bagaimana Anda belajar)
    Nah, inilah langkah terakhir dalam konsep MASTER. Kita mesti mengevaluasi cara belajar kita. Mengapa ? Sebab setiap orang punya cara belajar yang unik yang berbeda dengan orang lain. Kita mesti mengembangkan gaya belajar pribadi yang paling cocok dengan kita. Dan ini tentu tidak bisa dicapai dalam waktu semalam. Kita harus mencoba, mengevaluasi, memperbaiki apa yang kurang, lalu mencoba lagi, dan seterusnya. Dengan terus mengevaluasi perlahan-lahan gaya belajar kita akan semakin tajam dan cocok dengan kita.

Begitulah enam langkah konsep MASTER. Saya sangat suka konsep ini dan saya belajar untuk menerapkannya, meskipun masih kurang di sana-sini. Menurut saya, keenam langkah ini memang jitu untuk belajar cepat.

Atau rekan-rekan mungkin punya alternatif lain untuk belajar cepat ?

20 Komentar »

  1. iam said,

    May 24, 2008 at 6:21 pm

    cara u ampuh sekali bro!!!

  2. dyan mawarni said,

    October 25, 2008 at 2:14 pm

    aqwh suka dgn ini,,,cz qwh bs lbh mndptkan masukan utk car bljr,,,tp tolong lbh di perjls bgaimana cara utk memotivasi,,cz qwh msh sulit utk menemukan motivasi utk belajar,,,makasih

  3. syilpid said,

    November 9, 2008 at 10:33 pm

    wah bagus ni

    yang paling susah motivasi.. kalo udah males n ga minat susah bgt motivasinya :((

    thanks

  4. Wishal said,

    February 1, 2009 at 6:56 pm

    Makasih yaaa atas informasinya TQ

    hhe :d

  5. hanis said,

    February 9, 2009 at 7:10 pm

    agak bagus larr…,,,,,tp pnjang gillerrr,,,,;penat nak bace sampai ngantokk………..

  6. hanis said,

    February 9, 2009 at 7:12 pm

    tp lps bace rase semangat gillerrrrr nk blajarr…….lpsni insyaALLAH berjaya………horayyyy

  7. tie_mutz said,

    February 11, 2009 at 1:44 pm

    ayy,, hatur thanx u iia taz news ny ,,, !!!

  8. ELCO PUJIASTUTI said,

    February 12, 2009 at 5:45 pm

    HAI BRO…………

  9. RUDI said,

    March 11, 2009 at 8:14 pm

    bagus nieee meterinyaaaa!!!!!!!!!!!!w lbh cpt ngrti

  10. karseno joyo said,

    October 21, 2009 at 2:55 pm

    Waw….. Bos ajari saya ya, Email ke saya apa2 yang mesthi perlu saya lakukan
    Coz, saya lg bangun bisnis online trus otak saya overload info. puyeng skrg he2… Tq so much

  11. Etry said,

    November 5, 2009 at 1:53 pm

    bagus juga……….

  12. arif said,

    November 26, 2009 at 6:57 am

    saya ingin donk jdi orng pintar………………….

  13. leno almujiwaldi said,

    December 12, 2009 at 7:31 pm

    wow keren bgt tmen teori x tp knp aku bla bljar ssh2 msuk x tmen lupa terus bla wktu ujian kuliah! beri saran x yuk? makasih

  14. Aji said,

    January 15, 2010 at 7:49 am

    Gmn cari info yg sesuai dg kita dr sekian byk informasi,gmn cara menggunakannya dg efektif

  15. nana said,

    February 26, 2010 at 1:34 am

    cara belajarx u benar2 ampuh ^^

  16. anselmus said,

    March 19, 2010 at 3:07 am

    bagus banget tuh. bisa dicoba.!

  17. gina said,

    June 14, 2010 at 11:50 pm

    smoga saya bisa menerapkan cara MASTER tersebut…terhadap diri sendiri
    Amin….

  18. afa said,

    July 8, 2010 at 4:34 am

    thanks tipsnya .. saya cuma ingin menambahkan aja ..
    tips belajar yang bisa dicerna bukan hanya kita belajar sendiri melainkan dengan bimbingan guru yang sudah menguasai mapel tertentu, dan seperti yang MASTER bilang perlunya eveluasi, waktu yang lama, hu’um saya sangat setuju

    dan kita juga membutuhkan kesabaran dalam belajar,

    dalam nadzom berbahasa arab kurang lebihnya :

    ذكاء وحرص واصطبار و بلغة # وإرشاذ أستاذ وطولا زمان

    kiat kiat dalam belajar ada 6 tahap : diantaranya 1. Cerdas 2. Serakah 3. Sabar 4. Baligh 5.Bimbingan Guru 6. Waktu yang lama

    1. Cerdas (ذكاء) yang dimaksud adalah mempunyai akal sehat dan tidak stres waktu ingin belajar sehingga kita dapat konsetrasi dalam melakukan aktifitas belajar mengajar.

    2. Serakah (حرص), eh tapi jangan berfikir negatif dulu .. yang dimaksudkan adalah kita serakah dalam mencari ilmu, seperti apa yang ada pada tips MASTER yaitu kita butuh motifasi motivating your mind .. ibaratkan ilmu adalah makanan kita sehari2 dan tanpa ilmu kita seperti mayat hidup yang hidup diruang hampa .. iiih ngeri dech pokoknya.

    3. Sabar (اصطبار) : kita harus pandai pandai menata hai jiwa kita dalam mencari ilmu . ibaratkan ilmu adalah hewan yang akan kita buru, dan kita seorang pemburu haruslah sabar menanti buruan. So keep Trying ..!!

    4. Baligh (بلغة) ; kita haruslah belajar ketika sudah mengerti tatanan kehidupan didunia ini yang serba berasaskan ilmu pengetahuan.

    5. Bimbingan dari Guru (وإرشاذ أستاذ) : Tanpa bimbingan dari seorang guru yang menguasai materi pelajaran, berarti ilmu kita kurang sempurna.

    6. Waktu yang lama (وطولا زمان) : Wakyu yang lama ato bisa dikatakan Long Live Education.

    Wah kalo dijabarkan buanyak bwanget kang .. smga bermanfaat !!
    mkch y kang ats tips2nya

  19. afa said,

    July 8, 2010 at 4:36 am

    eia .. tipsnya akang tadi bwgus bwget … insya allah tak cobain deh !!

  20. Rahmat said,

    September 16, 2010 at 7:53 pm

    wow,2 baru namax cara belajar yg slma ne q cari,
    tp q bisa si memahamix,
    tp untuk menerapkanx masih blom bisa q,
    hehehehe,
    krim k email q yea lw da cara” belajar dgn cepat agy,
    THANKZ

Tulis Komentar