18.09.06

Selamat Datang Windows Vista

Kategori Trend IT - Oleh admin

Akhirnya. Setelah perjalanan yang cukup menegangkan saya sudah berhasil mencicipi Windows Vista :). Lho, kok bisa menegangkan ? Ya, karena tahu sendiri, namanya installer Windows ukurannya kan pasti besar. Untuk Windows Vista Release Candidate 1 (RC1) ukurannya adalah 2.646.272 kilobyte. Saya butuh waktu (kalau tidak salah) tiga hari untuk men-download-nya.

Nah, gawatnya, waktu download sudah mencapai 98 % tiba-tiba Flashget gagal melakukan koneksi ! Sudah dicoba ulang sampai puluhan kali juga tetap gagal. Jelas saja saya jadi tegang karena … bayangkan sendiri sudah men-download sampai 98 % dan harus mengulang dari awal ? Ck, ck.

Untungnya, waktu saya sudah mulai putus asa dan sedang merenungkan bagaimana rasanya mengulang download dari nol lagi, tiba-tiba koneksi berhasil ! Entah setelah percobaan yang keberapa puluh kali. Dua persen yang tersisa akhirnya berhasil di-download dengan selamat.

Setelah itu tibalah saat untuk menginstall. Oya, saya tidak menginstall Windows Vista menumpuki Windows yang sekarang. Mana berani ? Sedang di tengah semester lalu mengganti Windows, apalagi masih beta, wah … risikonya terlalu besar. Jadi yang saya lakukan adalah menginstallnya dengan menggunakan VMware (program emulator yang memungkinkan kita menginstall sistem operasi di dalam sistem operasi – jadi seperti Windows di dalam Windows). Dengan cara ini saya bisa mencicipi Windows Vista tanpa perlu mengutik-utik Windows yang sudah ada.

Nah, waktu saya menginstall di VMware ternyata sempat hang di tengah jalan. Bukan berarti komputer saya hang, tapi proses instalasi di VMware yang tiba-tiba membeku. Coba di-restart tidak berhasil. Saya utak-atik konfigurasi di VMware juga tidak berhasil. Waktu itu sudah sekitar jam 1 dinihari. Sudah terbayang bahwa mimpi saya mencicipi Windows Vista bakalan sirna …

Untunglah waktu mulai putus asa itu saya jadi teringat dengan kawan lama saya: Google :). Saya bertanya ke Google dan akhirnya berhasil menemukan solusinya di blog Joel Spolsky. Leganya … singkat cerita sekitar jam 2 pagi saya sudah berhasil mencicipi Windows Vista. Ini tampilannya di dalam VMware:

Windows Vista

Ya, saya sedang berencana menjadikan instalasi Windows Vista ini sebagai tempat mencoba program-program terbaru. Firefox 2 Beta, Internet Explorer 7 Beta, pokoknya program-program terbaru ingin saya coba di sini. Biar hancur-hancuran sekalian, toh Windows saya yang asli tidak bakal terpengaruh.

Semoga tidak usah bertegang-tegang lagi :).

3 Komentar »

  1. am54r said,

    April 10, 2008 at 1:37 pm

    bisa nggak hasil downloader anda di bagikan ke saya soalx hal yang anda alami hampir sama dengan saya ntah udah berapa kali saya mencoba mendowloadnya tapi selalu gagal ( 69%). jdi kalau ada trik ataupun cara jitu agar dapat mendownload vista dengan sukses saya mohon diberitahukan. thanx…………………………..that your info

  2. Rizqi Agustianto said,

    July 17, 2008 at 10:25 am

    Kemarin lusa saya ingin meng Up-Grade XP saya ke Windows Vista Ultimate edition. Ram saya sudah 2GB, tanpa VGA Card, tetapi malah ngak bisa di Up-Grade. Padahal komputer ini sudah pernah di Install Vista Ultimate Edition dan berhasil. Tapi kok, sekarang malah gak bisa di Up-Grade. Kenapa ya?? Tolong jawabanya

  3. parwanto said,

    January 14, 2009 at 10:39 pm

    Q ko ga bisa donlod

Tulis Komentar