16.02.06

Web 2.0 (1)

Kategori Trend IT - Oleh admin

Belakangan ini ada satu istilah yang sedang naik daun, yaitu Web 2.0. Istilah ini dipakai untuk menggambarkan aplikasi-aplikasi Internet generasi baru yang merevolusi cara kita menggunakan Internet. Semua aplikasi ini membawa kita masuk ke babak baru penggunaan Internet yang berbeda dengan generasi sebelumnya pada pertengahan tahun 1990-an.

Dan jangan heran, belakangan ini banyak aplikasi Internet yang melabeli dirinya dengan “Web 2.0”. Agar tidak terkecoh, pertama-tama tentu kita harus mengerti dulu apa yang dimaksud dengan Web 2.0.

Nah, untuk ini ada satu artikel yang sangat bagus yaitu What is Web 2.0 karangan Tim O’Reilly. Kebetulan juga Tim O’Reilly adalah salah satu pencetus istilah Web 2.0. Jadi dari artikel iini kita bisa mendapatkan informasi langsung dari tangan pertama !

Secara singkat, berikut ini ciri-ciri aplikasi Web 2.0 (diambil dari artikel What is Web 2.0):

  1. The Web as Platform
    Aplikasi Web 2.0 menggunakan Web (atau Internet) sebagai platformnya. Apa sih yang dimaksud dengan platform ? Platform di sini adalah tempat suatu aplikasi dijalankan. Contoh platform yang terkenal adalah Windows, di mana ada aplikasi-aplikasi seperti Microsoft Office dan Adobe Photoshop. Menggunakan Internet sebagai platform berarti aplikasi-aplikasi tersebut dijalankan langsung di atas Internet dan bukan di atas satu sistem operasi tertentu. Contohnya adalah Google yang bisa diakses dari sistem operasi mana pun. Contoh lainnya adalah Flickr yang juga bisa diakses dari sistem operasi mana pun.
    Kelebihannya jelas, aplikasi-aplikasi Web 2.0 ini tidak lagi dibatasi sistem operasi seperti pada Windows. Dan kita bahkan tidak perlu menginstall apapun untuk menggunakan aplikasi-aplikasi ini !
  2. Harnessing Collective Intelligence
    Aplikasi Web 2.0 memiliki sifat yang unik, yaitu memanfaatkan kepandaian dari banyak orang secara kolektif. Sebagai hasilnya muncullah basis pengetahuan yang sangat besar hasil gabungan dari pengetahuan banyak orang. Contoh yang jelas adalah Wikipedia. Wikipedia adalah ensiklopedi online yang memperbolehkan semua orang untuk membuat dan mengedit artikel. Hasilnya adalah ensiklopedi online besar yang sangat lengkap artikelnya, bahkan lebih lengkap daripada ensiklopedi komersial seperti Encarta ! Contoh lainnya lagi adalah del.icio.us di mana semua orang saling berbagi link-link menarik yang mereka temukan. Akibatnya kita bisa menemukan “permata-permata” di Web gabungan hasil browsing dari ribuan orang. Blogosphere juga merupakan contoh kepandaian kolektif karena setiap orang bisa menulis blog-nya sendiri-sendiri lalu saling link satu sama lain untuk membentuk jaringan pengetahuan, mirip seperti sel-sel otak yang saling terkait satu sama lain di dalam otak kita.
  3. Data is the Next Intel Inside
    Kekuatan aplikasi Web 2.0 terletak pada data. Aplikasi-aplikasi Internet yang berhasil selalu didukung oleh basis data yang kuat dan unik. Contohnya adalah Google, yang kekuatannya terletak pada pengumpulan dan manajemen data halaman-halaman Web di Internet. Contoh lainnya lagi adalah Amazon yang memiliki data buku yang bukan hanya lengkap, tapi juga sangat kaya dengan hal-hal seperti review, rating pengguna, link ke buku-buku lain, dan sebagainya. Ini berarti perusahaan yang unggul adalah perusahaan yang menguasai data.

Bersambung ke Web 2.0 (2)

10 Komentar »

  1. ozie said,

    June 9, 2008 at 9:42 am

    wouke juga tapi harus ada sedikit humas.

  2. virtue said,

    June 12, 2008 at 4:34 pm

    informasi yang sangat bagus :)

  3. arwi said,

    June 12, 2008 at 7:45 pm

    wah keren juga tuch web 2.0 aQ tertarik bget mengenai web yang satu ini
    dengan byak macam feature dan fungsinya.
    kasih tau donk situs apa aja yang sudah memakai web 2.0

  4. Dresti Yasa said,

    July 5, 2008 at 3:17 pm

    SAYA SANGAT SENANG DENGAN ADANYA SITUS GHD INI, DIMANA SAYA BARU SAYA PUNYA KONEKSI INTERNET BROADBAND. KARENA SAYA ADALAH SEORANG GURU SD DI DAERAH TERPENCIL, JADI INFORMASI SEPERTI INI SANGAT BERGUNA BAGI SAYA DAN ANAK DIDIK SAYA. SAYA MENYAMPAIKAN SEMOGA GHD TETAP JAYA. SAYA AKAN TERUS MENGAKSES INFORMASI BARU SETIAP HARINYA AGAR SAYA TIDAK GAPTEK.

  5. Digg - Situs Berita Teknologi Web 2.0 « Lasmedi’s Weblog said,

    September 13, 2008 at 10:45 am

    […] yang dilakukan Digg sebenarnya adalah menonjolkan ciri kedua dari Web 2.0 yaitu Harnessing Collective Intelligence. Digg mengakumulasi pengetahuan dan pendapat banyak […]

  6. Trend IT « ed07blue’s Weblog said,

    September 17, 2008 at 8:35 pm

    […] Era Web 2.0 sekarang ini punya ciri yang menarik yaitu kolaborasi. Tidak seperti era Web 1.0 di mana para […]

  7. seto said,

    December 4, 2008 at 10:14 pm

    mksiih . . . .

  8. iyok said,

    December 24, 2008 at 8:01 pm

    malahan kabarnya uda ada web 3.0 bro

    free article for your site content
    http://www.karanggo.net

  9. yopi hidayatul akbar said,

    March 14, 2009 at 3:39 pm

    good job general…….! web 2.0 emang oke tapi aku pengen tahu dimana?

  10. GeeBoen said,

    February 2, 2010 at 10:39 pm

    Sekarang era_nya sudah Web 2.0 ya bro.. tp sayangnya lagi2 negeri ini belum siap dengan hsl yg bsru dan modern. Menurut informasi karena biaya pembangunannya yang lebih mahal dari web 1.0 perusahaan2 dalam negeri ini belum banyak yg membangun web ini.

Tulis Komentar