Menyimpan Kutipan dengan Google Notebook

Produk baru dari Google meluncur dengan tidak henti-hentinya. Belum lama ini mereka meluncurkan Google Co-op, Google Trends, Google Desktop 4, dan yang paling baru dari semua: Google Notebook.

Google Notebook adalah aplikasi inovatif yang termasuk kategori web research. Aplikasi ini memungkinkan kita untuk menyimpan berbagai informasi menarik yang kita jumpai di Internet. Misalnya saja kita sedang membuat sebuah esai dengan topik tertentu. Google Notebook dapat membantu kita untuk menyimpan berbagai kutipan menarik yang kita jumpai di Internet di berkaitan dengan topik itu. Dengan bahan-bahan yang lengkap tersaji di satu tempat, akan lebih mudah bagi kita untuk menyelesaikan esai tersebut.

Dengan Google Notebook kita bisa:

  • Menyimpan kutipan menarik yang kita jumpai di Internet.
    Google menyediakan sebuah extension Firefox yang memungkinkan kita mengakses fungsi-fungsi Google Notebook langsung dari dalam Firefox. Dengan begitu untuk menyimpan suatu kutipan kita cukup memilih teks dari kutipan tersebut lalu melakukan klik kanan dan memilih menu Note this (Google Notebook).
  • Menambahkan catatan pada kutipan yang kita simpan.
    Ini berguna untuk memberikan komentar pribadi pada kutipan yang kita simpan.
  • Mengelompokkan kutipan baik dalam bentuk notebook ataupun section-section dalam sebuah notebook.
    Ini membantu kita untuk mengatur semua kutipan kita sesuai dengan kebutuhan, misalnya saja sesuai dengan topik-topik esai yang sedang kita kerjakan.
  • Membuat banyak notebook sekaligus dan juga banyak section dalam suatu notebook.
  • Memindahkan kutipan dari satu lokasi ke lokasi lainnya dalam Google Notebook dengan drag and drop.
  • Melakukan pencarian dalam semua kutipan yang kita simpan.
  • Mengakses catatan kita dari komputer mana saja.
    Hal ini dimungkinkan karena Google Notebook menyimpan semua catatan kita di Internet, bukan di komputer pribadi kita.
  • Mempublikasikan catatan kita sehingga orang lain juga bisa melihatnya.
    Fungsi ini sangat menarik karena memungkinkan kita untuk membagi hasil pencarian kita dengan orang lain dan berkolaborasi dengan mereka.

Secara keseluruhan Google Notebook memiliki fungsi yang mirip dengan extension Scrapbook pada Firefox (lihat post Scrapbook – Extension Favorit). Bedanya adalah Scrapbook menyimpan semua catatan secara lokal di komputer kita, sedangkan Google Notebook menyimpannya di Internet. Masih ada fitur-fitur Scrapbook yang belum dimiliki Google Notebook (misalnya saja highlighting), tapi di sisi lain Google Notebook juga memiliki keunggulan karena bisa diakses dari komputer mana pun.

Sayangnya, sebagian besar pengguna di Indonesia mungkin akan merasa kurang nyaman menggunakan Google Notebook. Alasannya sederhana saja: akses Internet di sini relatif lambat dan putus-putus, padahal Google Notebook mengandalkan akses Internet yang lancar. Tapi di luar masalah itu, Google Notebook merupakan aplikasi yang hebat !