(Bukan) Perusahaan Visioner

Saya barusan baca-baca buku Built to Last. Bagus banget ! Isinya tentang kebiasaan-kebiasaan sukses dari perusahaan visioner. Perusahaan visioner di sini adalah perusahaan yang jadi icon di bidangnya masing-masing, memiliki kinerja yang mengagumkan, sudah berusia minimal lima puluh tahun, dan memberikan dampak besar bagi kehidupan banyak orang.

Yang hebat adalah prinsip-prinsip yang dikemukakan di buku ini. Rasanya prinsip-prinsip tersebut sangat tepat dan langsung mengenai sasaran ! Maklum, ini hasil penelitian selama enam tahun di Stanford ! Luar biasa. Hasil penelitian besar selama enam tahun yang disarikan menjadi sebuah buku !

Penelitian mereka ini bertujuan menemukan prinsip-prinsip abadi yang membedakan perusahaan visioner dari perusahaan-perusahaan lainnya. Dan saya katakan, penelitian mereka sangat berhasil. Membaca prinsip dan contoh-contoh yang dikemukakan rasanya sangat membuka mata.

Nah, habis baca-baca tadi saya coba merenungkan keadaan di tempat saya bekerja sekarang. Rupanya kantor saya ini sama sekali bukan perusahaan visioner :( Prinsip-prinsip perusahaan visioner sama sekali tidak dimiliki.

Contohnya, perusahaan visioner memiliki ideologi inti yang sangat kuat. Ideologi inti inilah yang menjadi tenaga penggerak utama bagi perusahaan visioner. Di tempat saya ? Well, sama sekali tidak pernah dibicarakan mengenai ideologi inti, visi-misi, dan sejenisnya.

Contoh lainnya, bagi perusahaan visioner meraih laba sebesar-besarnya bukanlah tujuan utama. Seperti kata David Packard (pendiri HP): “Laba bukanlah tujuan akhir, melainkan sarana untuk mencapai tujuan akhir.” Mereka punya tujuan-tujuan lain yang lebih mulia seperti “memberikan kebahagiaan kepada jutaan manusia” (Disney). Di tempat saya ? Well, tujuan utamanya adalah maksimisasi laba. Jelas sekali. Ini tercermin dari berbagai tindakan dan kebijakan yang diambil. Sama sekali tidak ada pembicaraan mengenai “tujuan lain yang lebih mulia”.

Jadi, seperti saya katakan tadi, tempat saya ini rupanya memang bukan perusahaan visioner :(