10 Tips Menghemat Waktu (2)

Bersambung dari 10 Tips Menghemat Waktu (1)

  1. Improve your reading speed
    Kebiasaan membaca merupakan kebiasaan yang penting dalam gaya hidup digital. Karena itu, dengan meningkatkan kecepatan membaca kita akan membutuhkan waktu lebih sedikit untuk menyelesaikan bacaan-bacaan kita. Salah satu caranya adalah dengan membaca secara aktif di mana pikiran diajak untuk aktif mengolah apa yang kita baca, misalnya saja dengan membuat catatan atau menandai bacaan kita. Teknik lainnya lagi adalah photoreading. Ada juga program komputer yang dapat melatih kecepatan membaca kita seperti EyeQ.
  2. Learn Out Loud
    Yang dimaksud dengan “learn out loud” adalah belajar melalui audio. Ini merupakan pelengkap dari tips nomor 3 (Multi Task), di mana kita salah satu cara paling efektif untuk melakukan dua hal sekaligus adalah dengan mendengarkan sesuatu sembari mengerjakan hal yang lain. Sambil menyetir misalnya, kita bisa mendengarkan audio tentang motivasi. Dengan MP3 player seperti iPod semakin mudah untuk melakukan hal ini. Contoh bahan audio yang bisa kita gunakan adalah podcast dan audio book (rekaman buku yang dibacakan).
  3. Use Software To Your Advantage
    Program komputer yang tepat bisa banyak menghemat waktu kita. Contohnya adalah program pembaca RSS seperti SharpReader yang bisa banyak menghemat waktu kita dalam mengikuti berita-berita terbaru. Contoh lainnya adalah ActiveWords yang bisa membuat kombinasi tombol khusus untuk menjalankan tugas-tugas yang sering kita lakukan.
  4. Cut Your TV Time in Half
    Salah satu pembuang waktu paling besar adalah menonton TV. Kita bisa menghabiskan berjam-jam setiap hari untuk menonton TV sekalipun hal itu tidak banyak berguna. Kita bisa mengurangi waktu menonton TV dengan menonton hanya acara-acara yang paling bagus.
  5. Get Help from Others
    Meskipun kelihatannya sederhana, kita bisa menghemat banyak waktu dengan meminta bantuan orang lain . Tentu ini berarti kita juga harus rela membantu orang lain. Selain dalam kehidupan sehari-hari, di Internet juga ada tempat-tempat di mana kita bisa meminta bantuan orang lain. Contohnya adalah Google Answers and Experts Exchange.

Semua tips ini bagus-bagus dan sangat berguna. Sayangnya, contoh-contoh program yang diberikan seperti TypingMaster, EyeQ, dan ActiveWords merupakan program komersial. Apakah ada program-program alternatifnya yang gratis meskipun dengan fitur lebih sedikit ? Kalau ada tentu lebih banyak orang yang akan bisa belajar menerapkan tips-tips ini.