23.08.06

Membuat Shortcut dengan Autohotkey

Kategori Tips Produktivitas - Oleh admin

Seperti yang ditulis di post Pentingnya Shortcut Keyboard, shortcut merupakan salah satu cara yang ampuh untuk meningkatkan produktivitas kita. Tugas yang biasanya membutuhkan cukup banyak langkah bisa diselesaikan seketika menggunakan shortcut keyboard.

Berkaitan dengan itu saya pernah menulis tentang program Winkey yang memungkinkan kita untuk membuat shortcut menggunakan tombol Windows. Misalnya saja, shortcut Win+O bisa digunakan untuk membuka Microsoft Outlook.

Ternyata ada program lain yang bahkan lebih sakti daripada Winkey. Program itu adalah Autohotkey. Dengan Autohotkey kita bisa membuat shortcut untuk tugas-tugas yang lebih kompleks dibandingkan Winkey. Berikut ini beberapa kemampuan Autohotkey:

  • Kombinasi tombol shortcut lebih beragam
    Kita bisa membuat shortcut dengan kombinasi tombol Windows, Alt, Ctrl, dan lain-lain.
  • Membuat shortcut yang dapat menjalankan lebih dari satu tugas sekaligus.
    Misalnya, dengan tombol Win+N kita bisa sekaligus membuka situs web di Firefox, sebuah dokumen di Microsoft Word, dan sebuah lagu di iTunes.
  • Meminta input dari pengguna
    Autohotkey dapat menampilkan sebuah kotak dialog untuk meminta input dari pengguna, misalnya saja nama file yang hendak dibuka.
  • Melakukan simulasi penekanan tombol keyboard
    Ini berarti Autohotkey seolah-olah mengetikkan sesuatu di keyboard. Misalnya saja dengan menekan tombol Win+1 kita bisa menampilkan tulisan "Selamat datang !" di program yang sedang aktif.
  • Melakukan simulasi gerakan dan penekanan tombol mouse
    Ini berarti Autohotkey seolah-olah menggerakkan dan mengklik mouse kita ! Misalnya saja dengan tombol Win+2 kita bisa menggerakkan mouse ke sebelah kiri atas lalu melakukan klik kanan.

Sangat lengkap bukan ? Keterangan lebih lanjut bisa Anda peroleh di tutorial Autohotkey. Di tutorial itu kita bisa menjumpai berbagai contoh penggunaan Autohotkey. Saya yakin banyak hal kreatif yang bisa kita lakukan dengan program ini.

2 Komentar »

  1. zeky said,

    November 22, 2009 at 10:36 pm

    bos ku mau tuh belajar program dari mu,ajari aku yach bos???????

  2. Adjiesoft said,

    February 25, 2010 at 9:30 pm

    Memang, AutoHotkey memang sangat berguna! Bahkan kita bisa membuat game darinya. Kunjungi http://www.adjiesoft.wordpres.com untuk game buatan saya menggunakan AutoHotkey

Tulis Komentar