Personal Knowledge Management

Ternyata ada satu istilah yang menggambarkan berbagai hal yang sering saya tulis di blog ini. Istilah itu adalah Personal Knowledge Management (PKM). Saya sendiri baru menyadarinya saat membaca artikel tentang PKM di Wikipedia.Rupanya hal-hal seperti blogging, desktop search, peta pikiran dan RSS adalah bagian dari PKM ! Wow !

Lalu apa itu PKM ?

Sesuai namanya, PKM adalah konsep manajemen pengetahuan untuk satu orang / individu. Jadi berbeda dengan konsep knowledge management biasa yang berkaitan dengan satu organisasi atau perusahaan. Di dalam PKM yang dibahas adalah bagaimana seseorang bisa mengelola, mengembangkan dan mengoptimalkan aset pengetahuan yang dimilikinya. Sangat cocok dengan konsep knowledge worker (pekerja berpengetahuan) ! Soal pentingnya knowledge worker sendiri, bisa Anda baca di post Perburuan Talenta.

Seperti yang ditulis di Wikipedia, ada beberapa skill yang berkaitan dengan PKM, yaitu:

  • Refleksi (reflection): yaitu bagaimana kita terus-menerus meningkatkan cara kita melakukan segala sesuatu.
  • Manajemen pembelajaran (manage learning): yaitu bagaimana kita mengatur cara kita belajar.
  • Melek informasi (information literacy): yaitu bagaimana kita memahami informasi apa yang penting dan mencari informasi yang tidak diketahui.
  • Kemampuan mengorganisasi (organizational skills): yaitu bagaimana kita mengorganisasi pengetahuan yang kita miliki dalam berbagai kategori atau taksonomi.
  • Jejaring dengan orang lain (networking with others): yaitu bagaimana kita memperoleh pengetahuan dari orang-orang lain di dalam jejaring.

Berkaitan dengan itu ada beberapa tool yang digunakan seperti:

Menurut saya, konsep PKM ini sangat penting. Hanya dengan PKM yang efektiflah kita bisa menjadi knowledge worker yang jempolan. Dan di jaman ini, knowledge worker yang jempolan akan keluar sebagai pemenang !